IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Ismed Ismed

Abstract


Implementasi supervisi akademik pengawas guru PAI pada Sekola Dasar di Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu
Selatan kategori efektif (73,00%). Dengan rincian untuk perencanaan masuk kategori efektif (74,11%), pelaksanaan masuk
kategori efektif (73,21%), tindak lanjut masuk kategori efektif (71,67%).Faktor pendukung supervisi akademik pengawas
guru PAI di Kecamatan Kota Manna adalah sekolah dan guru agama selalu terbuka menerima kedatangan pengawas dan
jarak tempuh ke lokasi sekolah tergolong dapat dijangkau karena berada di dalam kota. Sedangkan faktor penghambat
supervisi akademik disebabkan pengawas tidak menguasai teknik-teknik supervisi akademik dan jarang mendapatkan
pelatihan kepengawasan.Untuk mengatasi kendala tersebut di atas, maka solusi yang dilakukan agar pelaksanaan supervisi
akademik pengawas PAI dapat lebih efektif dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI adalah: rekrutment dan
pengangkatan pengawas baru oleh Kementerian Agama, pengawas perlu melakukan supervisi akademik yang lebih intens,
meningkatkan pembinaan terhadap pengawas melalui monitoring dan evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan
program yang dilakukan pengawas secara berkala dan perlu diterapkan sistem reward dan punishment yang jelas dan
memprogramkan secara rutin kegiatan-kegiatan yang dapat menjunjung peningkatan kompetensi pengawas, terutama yang
berkaitan dengan kompetensi akademik pengawas.


Full Text:

PDF

References


Azharudin, Efektivitas Pelaksanaan Supervisi PAI di MTs Guppi Kota Pagar Alam, Bengkulu: IAIN Bengkulu, 2015.

Bafadal,Ibrahim,Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Bawafi,Husni,Efektivitas Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Sekolah (Studi Implementatif di SMA Negeri 2 Sragen), Malang:UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2010.

Bush, Tony,& Coleman,Marianne,Manajemen Strategis:Kepemimpi nan Pendidikan, Yogyakarta: Ircisod, 2006.

Danim,Sudarwan,Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Depdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II pasal 3.

Fattah, Nanang, Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Hamalik, Oemar,Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Hamim, Nur,dkk, Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru PAIS untuk SMP, Surabaya: IAIN Press, 2010.

Hamiyah, Nur,& Jauhar,Mohammad,Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2015.

Handayaningrat, Manajemen, Bandung: Alfabeta, 1994.

Imron, Ali, dkk, Manajemen Pendidikan, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.

Khaeruddin & Junaedi,Mahfud,KTSP: Konsep dan Implementasinya di Madrasah,Yogyakarta: Pilar Media, 2007.

Ismed | Implementasi Supervisi Akademik Pengawas Guru Pendidikan Agama

Mahmudi, Manajemen Kerja serta Sektor Publik,

Jakarta: Gramedia, 2005.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2011.

Marno & Supriyatno,Triyo,Manajemen Dan

Kepemimpinan Pendidikan Islam, Bandung: Refika Aditama, 2008.

Moleung,Lexy J.,Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya, 2010.

Muenir, Manajemen Umum Indonesia, Bandung: Alfabeta, 2006.

Mulyasa,E.,Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Mujib, Abdul,& Mudzakkir,Jusuf,Ilmu PendidikanIslam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Nasution,S.,Didaktik Asas- asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Nawawi,Hadari,Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2011.

Rivai, Veithzal, & Sagala, Ella Jauvani, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Saefullah,Kurniawan, dkk, Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana, 2005.

Sagala,Syaiful,Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.

Sallies,Edward,Total Quality Management In Education: Manajemen Mutu Pendidikan, Yogyakarta: Ircisod, 2007.

Sanjaya,Wina,Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan,Jakarta: Prenada Media Grup, 2006.

Scheerens,Jaap,Peningkatan Mutu Sekolah, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2003.

Siahaan,Amiruddin, dkk, Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Jakarta: Quantum Teaching, 2006.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2014.

Sukmadinata,Nana Saodih,Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2005.

Surya,Muhammad,Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2003.

Suryosubroto,B.,Manajemen Pendidikan Di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.