MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PAI DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU
Abstract
Supervisi akademik oleh pengawas merupakan suatu aktifitas penting dalam praktek penyelenggaraan pendidikan. Kegiatan
supervisi akademik dimaksudkan sebagai kegiatan kontrol terhadap seluruh kegiatan pendidikan dalam mengarahkan,
mengawasi, membina dan mengendalikan tanggungjawab dalam meningkatkan kompetensi guruk hususnya kompetensi
pedagogik guru dan mutu pendidikan, baik dalam proses maupunhasilnya, sehingga kegiatan supervisi akademik dilakukan
sejak dari tahap perencanaan sampai pada tahap tindaklanjut yang akan berfungsi sebagai feed back dalam rangka
pengembangan kompetensi guru dan peningkatan mutu pendidkan ke arah yang lebih baik. Tujuan penelitianini adalah
untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta tidak lanjut pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan
pengawas PAI dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field
research) yang bersifa kualitatif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan teknik penganalisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif-evaluatif yaitu
menganalisa data yang ada dan membadingkannya dengan kriteria yang telah ditentukan dan di deskripsikan dalam bentuk
narasi, juga adapt member alternative pada peneliti agar adapt memaparkan hasil penelitian secara visual dan lebih mudah
dipahami. Pada uji keabsahan data menggunakan trianggulasi serta member check.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
(1) Perencanaan Supervisi Akademik Pengawas PAI dalam penyusunan program supervise akademik tergolong sangat baik,
pernyataan ini didukung oleh ketersediaan dokumen perencanaan supervisi akademik yang disusun pengawas PAI dan
disetujui oleh ketua POKJAWAS Kementerian Agama kota Bengkulu. (2) Pelaksanaan Supervisi Akademik pengawas PAI
dalam (a) pembinaan penyusunan perangkat pembelajaran tergolong Baik, (b) Pembinaan Penyusunan RPP oleh pengawas
PAI tergolong Sangat Baik, (c) Supervisi Kegiatan Proses Pembelajaran yang dilakukan pengawas PAI di kelas mulai dari
kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup tergolong Sangat Baik,Pernyataan pengawas PAI tersebut
didukung oleh pernyataan guru-guru PAI SMPN egeri 4 kota Bengkulu serta ketersediaan dokumen hasil intrumen supervise
pengawas PAI. (3) Tindak Lanjut Supervisi Akademik yang dilakukan oleh pengawas PAI tergolong cukup, Pernyataan ini
didukung oleh pernyataan guru-guru PAI SMP Negeri 4 kota Bengkulu.
Full Text:
PDFReferences
Aedi,Nur. Pengawas Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik, Jakarta: Rajawali Pers, 2014
Al Imam, Al Hafiz Abi Abdullah Muhammad Bin Ismail Al-Bukhari, Shohi Al-Bukhari, Kairo:Mussasah Al-Mukhtar, 2004
AsepDjihad, Suyanto, Calon Guru dan Guru Profesional, Yogyakarta: Multi Presindo, 2012
Djama’an Satori dan Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, Cet. ke-6, 2014
Danin, Sudarwan dan Khairil H, Profesi Kependidikan, ,Bandung: Alfabeta, Cet.ke-5, 2015
Departemen Agama RI, Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentangPendidikan, Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam, 2007
_____, Profesionalisme Pelaksanaan Pengawas Pendidikan (Upaya Meningkatkan Kinerja Pengawas), Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005
Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2015
Fathurrohman, Pupuh dan Suryana, AA. Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: PT Refika Aditama, 2011
Himpunan Peraturan Perundang-undangan, Undang-Undang Guru dan Dosen, Cet. Ke-1, Bandung: Fokusmedia, 2008
Hidayat, Syarif dan Asroi, Manajemen Pendidikan; Subtansi dan Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia, Tangerang: Pustaka Mandiri, 2013
Iskandar, Mukhtar. DesainPembelajaranBerbasis TIK. Jakarta: Referensi, 2012
Imron, Ali, Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Kementerian Agama RI, PeraturanMeteri Agama RI TentangPengawas Madrasah dan Pengawas pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kementerian Agama RI Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri, 2012
Masaong. Kadim. Abd, Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru Memberdayakan Pengawas sebagai Gurunya guru, Bandung: Alfabeta, 2013
Mulyasa. E, Menjadi Guru yang Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT.Remaja Rosda karya, 2009
Muslim, Sri Banun, Supervisi Pendidikan Kualitas Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta, 2010
Niam, Asrorun. Membangun Profesionalitas Guru. Jakarta: ELSAS. 2006
Nasution S., Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsiti, 2003
Nur, Mufidah, Luk-luk. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Teras, 2009
Prasojo, L.D dan Sudiyono. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media, 2011
Pidarta, Made. Supervisi Pendidikan Kontekstual, Jakarta: Rineka Cipta, 2009
Sagala, Syaiful. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2012
Sujana, Nana. Kompetensi Pengawas Sekolah Dimensi dan Indikator. Jakarta: LPP Bina Mitra, 2010
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: RinekaCipta, 2006
Sahertian, Piet A. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. Ke-2, 2010
Wahyudi, Imam, Pengembangan Pendidikan Strategi Inovatif dan Kreatif dalam Mengelola Pendidikan secara Komprehensif, Jakarta:
Prestasi Pustakaraya, 2012
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1787
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.