MODEL ASSESSMENT KEBUTUHAN PENDIDIKAN/PELATIHAN
Abstract
Permasalahan mendasar dalam kontek permasalahan penulisan makalah ini adalah bagaimana assessment kebutuhan
pendidikan/pelatihan dapat dilaksanakan dengan benar guna dapat menopang keberhasilan suatu program pendidikan/
pelatihan. Teori yang digunakan dalam kajian analisis makalah ini diantaranya adalah beberapa konsep Leslie Rae (1990):
“Diasumsikan bahwa pendidikan/pelatihan diadakan atas dasar kebutuhan dan bukan gagasan sesaat….. Pendidikan/
pelatihan yang efektif bermula dengan mengenali suatu kebutuhan.” Ide utama dalam suatu program pendidikan/pelatihan
adalah upaya pemenuhan kebutuhan yang hanya dapat diatasi dengan kegiatan pendidikan/pelatihan, karena akan dapat
mengatasi kesenjangan antara keadaan saat ini dengan keadaan yang diharapkan dikuasai pada masa yang akan datang.
Full Text:
PDFReferences
Atomodiwirjo Soebagio. (1993). Manajemen Training: Pedoman Praktis Bagi Penyelenggara Training. Balai Pustaka.
Bogdan, Robert C, dan Bijlen, Sari Knopp. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction To Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Djudju Sudjana. Prof.H. SP.M.Ed,Ph.D. (1996).Pendidikan Luar Sekolah: Wawasan Sejarah Perkembangan Falsafah dan Teori Pendukung Asas. Nusantara Press.
Douglas Mayo.G. Philip H. Dubois. (1987). The Complete Book of Training Theory, Principles, and Techniques. University Associates.
Dugan Laird. (1983). Approaches to Training and Development. Addison-Wesley Publishing Campany.
Elaine Biech. (1994). T QM for Training. McGraw-Hill. Inc.
Henry Simamora. (1995). Managenien Sumber Daya Manusia STIE YKPN. Yogyakarta.
Ishak Abdulhak.DR.H. (1996). Strategi Membangun Motivasi dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Percetakan AGTA Manunggal Utama. Bandung.
_____, (1995). Metodologi Pembelajaran Pada Pendidikan Orang
Dewasa. Penerbit Cipta Intelektual. Bandung.
Julius E. Eitington. (1984). The Winning Trainer. Gulf Publishing Company Book Division. Houston.
Kirkpatrick. L. Donald. (1983). A Practical Guide For Supervisory Training and Development: Second Edition. ASTD Inc.
Addison-Wesley Publishing Campany. Leslie Kelly. (1995). The ASTD Technical and Skills Training Handbook. McGraw-Hill, Inc.
Leslie Rae. (1990). Mengukur Efektivitas Pelatihan. PT. Pustaka Binaman Pressindo.
Lyra Srinivasan. (1992). Options for Educators: A Monograph for Decesion Makerson Alternative Participatory Strategies. PACT/CDS. Inc. New York.
_, (1977). Perspectives on Nonformal Adult Learning. United State of Amerika.
Mike Wills. (1993). Managing the Training Process: Putting the Basics Into Practice.
McGraw-Hill Book Company. Moekijat. (1989). Perencanaan Sumber Daya Manusia. CV. Mondar Maju. Bandung. Robert.
L. Craig. (1987). Training And Development Handbook Third Edition: A Guide to Human Resource Development. Sponsored by ASTD. McGraw-Hill Book Company.
Roem Topatimasang, dkk. (1985). Belajar dari Pengalaman: Panduan Latihan Pemandu Pendidikan Orang Dewasa untuk Pengembangan Masyarakat. Perhimpunan Pengembangan
Pesantren dan Masyarakat.
Rolf P Lynton. Udai Pareek. (1992). Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja. PT.Pustaka Binaman Pressindo.
Saleh Marzuki. Drs.M. M.Ed. (1992). Strategi dan Model Pelatihan: Suatu Pengetahuan Dasar Bagi Instruktur dan Pengelola Lembaga Latihan, Kursus dan Penataran. FIP. 1KIP
Malang.
Soedijarto, (1990), Kebijakan dan Strategi PLS, Pemuda dan Olah Raga dalam MeningkatkanKualitas Sumber Daya Manusia, Direktorat Jenderal Diklusepora.
Soenarto, (1998), Traning Needs Assesment (analisis Kebutuhan Pelatihan), Visi, No.05 Th.IV.
Tony Newby. Gower. (1992). Training Evaluation Handbook. Gower Publishing Company Limited. England.
Zainudin Arif, (1990). Andragogi. Bandung. Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1785
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.