PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) IQRO’ IPUH
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita pendidikan karakter selama ini belum maksimal sesuai dengan prinsip
evaluasi sebagai pedoman pelaksanaan evaluasi, hal ini disebabkan belum efektifnya pelaksanaan evaluasi
pendidikan karakter, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subyek penelitian yaitu kepala
sekolah, waka kurikulum, seluruh pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik, serta beberapa wali peserta
didik, penelitian ini dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data yang
telah terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah seperti pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan
pelaksanaan evaluasi pendidikan karakter di lingkungan sekolah dan di luar sekolah, dengan hasil penelitian ini
yaitu evaluasi yang dilaksanakan oleh guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Iqro` Ipuh tidak terpaku pada hasil tes
harian, tengah semester, dan semester saja, tetapi evaluasi juga dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung,
dengan mempertimbangkan keseharian setiap peserta didik di kelas dan lingkungan sekolah, serta di lingkungan
rumah dan masyarakat, walaupun dalam pelaksanaannya pendidik belum maksimal melaksanakan evaluasi proses
pendidikan karakter peserta didik, namun pendidik selalu berusaha melaksanakan evaluasi pendidikan karakter
dengan menyesuaikan waktu yang tersedia.
Full Text:
PDFReferences
lqur‟an dan Terjemahan Departemen Agama RI, Bandung: PT. Sygma Examedia Arkanleema, 2009.
A. Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta:Grasindo, 2007
Asrori, Muhammad, Psikologi Pembelajaran, Bandung, CV Wacana Prima, 2009
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Ali, Pengertian Pengelolaan, Pengertian Perencanaan dan Pengertian Pelaksanaan, artikel diakses pada tanggal 8 Maret 2016 dari http://www.pengertianpakar.com/2014/12/pengertian-
pengelolaan-perencanaan-dan.html
Asmuni, Ma`mur, Jamal, Panduan Internasional Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press, 2012
Aunillah, Isna, Nurla, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogjakarta: Pustaka Setia 2011
Aqib, Zanal, Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa, Bandung: Yarma Widya, 2011
Aderuliana, Evaluasi Pembelajaran, artikel diakses pada 28 Februari 2016 dari http://aderuliana.wordpress.com/2007/11/05/konsep-konsep
evaluasi pembelajaran.pdf
Anas, Anwar, Wakhid, “Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran di SMK Pondok Pesantren Darul Amanah Ngadiwarno
Sukorejo Kendal.” Artikel diakses pada 18 mei 2016 dari http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:W1k1tY30TkAJ:lib.unnes.ac.id/20491/+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id.pdf
Diknas, Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta: Puskur Balitbang, 2013
Daryanto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2008
Daryanto, Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Grava Media, 2013
Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara, 2008
K. Dwi Sigit, Pentingnya Pendidikan Moral bagi Anak Sekolah Dasar, Yogyakarta: UNY Press, 2007
Kusuma, Dharma dkk, Pendidikan Karakter Kajian teori dan Praktik Di Sekolah, Bandung:Remaja Rosda Karya, 2011
Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Pengembangan pendidikan budaya dan karakter Bangsa, Pedoman Sekolah, Jakarta:
Puskur Balitbang, 2013
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuam Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pres, 2007
Kelompok Kerja Guru PKn, Evaluasi Pembelajaran. artikel diakses pada 28 Februari 2016 dari http://gurupkn.wordpress.com/2008/01/17/evaluasi-pembelajaran.pdf
Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2011
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007
Moleong, J. Lexi, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya, 2010.
Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter,Menjawab Tentang Krisis Multidimensional, Yogyakarta: Bulan Bintang,2011
Mujib, Abdul dan Mudzakkir, Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana, 2006
Mulyasa, H E, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Mu`in, Fatchul, Pendidikan Karakter; Konstruksi Teoritik dan Praktik, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1784
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.