PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SMP DI KECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR

Iti Masdaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan supervisi akademik pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI),
faktor pendukung, penghambat dan solusinya pada SMP di Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini
termasuk penelitian kualitatif, metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tekhnik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu pengawas PAI, kepala sekolah dan guru PAI. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi akademik yang diperoleh di SMP Negeri di Kecamatan Tanjung Kemuning Kaur
2 kali dalam 1 tahun ajaran yaitu pada semester 1 dan semester 2 oleh pengawas PAI. Selain pengawas sekolah supervisi juga
dilaksanakan oleh kepala sekolah yang bekerja sama dengan guru senior/sejawat yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan guru
agama tersebut. Pelaksanaan supervisi biasa dilaksanakan dengan diskusi. Faktor pendukung supervisi akademik pengawas PAI
pada SMP di Kecamatan Tanjung Kemuning adanya motivasi yang tinggi, semangat yang tinggi dalam melaksanakan tugas
sebagai pengawas, berinteraksi dengan kepala sekolah dan guru, khususnya guru PAI. Hambatan pada pelaksanaan supervisi
akademik yaitu penentuan jadwal/waktu kepala sekolah dengan guru yang akan disupervisi sangat terbatas dan kurangnya dana
dalam RABS untuk pelaksanaan supervisi akademik, selain itu kurangnya guru senior/sejawat untuk membantu kepala sekolah
melaksanakan supervisi akademik. Untuk mengatasi hambatan pada pelaksanaan supervisi yaitu kepala sekolah memberikan
waktu luang bagi guru-guru untuk diskusi mengenai kelamahan mereka dalam mengajar, yang kedua pihak sekolah akan
bekerja sama dengan pengawas PAI dan wakil kurikulum. Supervisi harus dilaksanakan secara berkala, yang kedua memberikan
pemahaman bagi guru bahwa supervisi itu sangat penting untuk memperbaiki kinerjanya dan memberikan pelatihan-pelatihan
kepada guru/mengupayakan pendekatan kelompok kerja guru pendidikan agama Islam.


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid , Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, (Bandung:Remaja Ronda, 2007.

Abdul Majid dan Dian Andayani, Perencanaan Pembelajaran, Bandung:Remaja Rosda, 2007.

Abdul Majid dan Dian Andayani, Perencanaan Pemdelajaran, Bandung: Remaja Rosda, 2007.

A. Salim Mansur, Administrasi dan Supervisi pendidikan, ( Bandung: CV. Pustaka Setia, 2009.

Ahmad Azhari, Supervisi (Rencana Program Pembelajaran), Jakarta, Rian Putra, 2004

Abdul Hadis, Nurhayati,Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010

Ali Imron, Supervisi Pembelajaran tingkat satuan pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara, 2011

Binti Maunah. Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek. TERAS.Yogyakarta.2008

Banun Muslim, Supervisi Pendidikan meningkatkan Kualitas Profesional Guru Bandung: Alfabeta, 2010

Depag RI, Standar Supervisi dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta, 2003

Dadang Suhartian,Supervisi Profesional. Layanan dalam meningkatkan mutu pengajaran di Era Otonomi Daerah), Bandung: ALFABETA, 2010

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1996.

Depag RI, Pedoman Pengembangan Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003

Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1998

Departemen Agama RI, Profesionalisme Pelaksanaan Pengawas Pendidikan, (Upaya Meningkatkan Kinerja Pengawas), (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2005.

Departemen Agama RI, Model-model Pelatihan Bagi Pengawas Sekolah, Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagan Agama Islam.

Herna. Z, Pengaruh Pendekatan Supervisi Akademik Pengawas PAI dan Pembinaan Pengawas terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menegah Pertama Di Kota Bengkulu (Bengkulu, Tesis Program Pasca Sarjana IAIN Bengkulu,2014)

Maziah, Pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru PAI dan profesionalisme di SMA negeri Kota Bengkulu. STAIN Bengkulu. Tahun 2012

Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2000

Suharsimi Arikunto, Supervisi Akademik Universitas Negeri, Yogyakarta, 2004

Permenag No 16 Tahun 2010, Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah Umum.

Mulyasa, Managemen dan Kemimpinan kepala sekolah, Jakarta:Bumi Aksara, 2011

Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT RemajaRosdakarya, 2007

Pidarta Made,Supervisi Pendidikan Konstektual. Jakarta:Renika Cipta, 2000

Peraturan Menteri negara pendayagunaan aparatur negara Dan reformasi birokrasi Nomor: 21 tahun 2010

Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Remaja RosdaKarya, 2000

Yusuf A. Hasan, Pedoman Pengawasan .Jakarta: CV Mekar Jaya, 2002.

Kompetensi Supervisi Akademik, Permendiknas RI Nomor 12 Tahun 2007, Standar Pengawas Sekolah.

Permenag RI Nomor 16 tahun 2010, (pasal 21), Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah.

Jhon M. Echols dan Hasan Sadily, Kamus Inggeris-Indonesia, (Jakarta, PT Gramedia, 2005.

Mukhneri Mukhtar, Supervision: Improving Performance and Depelopment Quality in Education (Jakarta, Prodi Manajemen

Pendidikan, PPS UNJ, 2011

Piet. A. Sahertian, Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Jakarta. PT. Rineka Cipta, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.