PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 01 PADANG ULAK TANDING KABUPATEN REJANG LEBONG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa supervisi pembelajaran PAI sangat urgen dilaksanakan, tujuannya
untuk mengambil mutu pembelajaran PAI, namun dilapangan sering terjadi penyimpangan-penyimpangan. Kegiatan
supervisi belum berjalan efektif, atas dasar tersebut peneliti mengangkat permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pelaksanaan supervisi pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Padang Ulak Tanding
Kabupaten Rejang Lebong. Metode penelitian menggunakan kausal komparatif (ex post factor). Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data kualitatif, dengan sumber datanya adalah 1 orang pengawas sebagai data primer dan 1 orang
kepala sekolah dan 1 orang guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Selanjutnya uji keabsahan data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data (display data) lalu tahap
penarikan kesimpulan dan verifikasi data selanjutnya triangulasi data. Hasil penelitian diketahui bahwa Pelaksanaan
supervisi pembelajaran di SMP Negeri 1 Negeri 1 Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong dilakukan bertujuan
untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan di sekolah dan usaha professional, kelanjutan kunjungan pengontrolan
(supervisi) oleh pengawas utama hendaknya dilaksanakan secara teratur dan berkesinambungan yang dilakukan dengan
langkah-langkah yang meliputi penyusunan program, persiapan, pelaksanaan, dan pelaksanaan tindakan lanjutan dengan
tujuan akhir adalah membangkitkan dan mendorong semangat guru.
Full Text:
PDFReferences
Asril, Zainal, 2010. Micro Teaching, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
A Supardi dan Wahyudin, 1990. Metodologi Riset Pengungkapan Permasalahan teori dan Pemecahannya, IAIN Sunan Gunung Djati. Bandung.
Aufklarung, 2016. Observasi Sebagai Alat Evaluasi, [online]
http://www.denyrendra.net/search/obser vasi-sebagai-alat-evaluasi/ 10 Maret 2016
Az-Zabidi, Imam, 2002. Ringkasan Hadits Shahih Bikhari, Pustaka Amani. Jakarta.
Cronbach, L.J dan Snow, R.E, 1977. Attitude and Instructional, (New York: Irvington)
Danim, Sudarwan, 1999. Metode Penelitian untuk Ilmu-ilmu prilaku, Bumi Aksara. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar, PT. Rineka Cipta. Jakarta
Walter, Elizabeth, 2008. Cambridge Advanced Learner’s Dictionary, Third Edition, Cambridge University Press, Cambridge.
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, 2009. Strategi Belajar Mengajar Melalui penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, PT. Rafika Aditama. Bandung.
Gilarso, T dan H. Suseno, 1986. Program Pengalaman Lapangan, Andi Offset. Yogyakarta.
Hadi, Amirudin dan Haryono, 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pustaka Setria. Jakarta.
Hadi, Sutrisno, 1987. Metodologi Research I, Fak. Psikologi UGM. Yogyakarta.
Hamalik, Oemar, 2008. Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.
Hasibuan, JJ & Moedjiono, 1986. Proses Belajar Mengajar, Remaja Karya. Bandung.
Suyitno 2010. Panduan Penulisan Karya Ilmiah, Program Pascasarjana IAIN Raden Fatah. Palembang.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1782
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.