PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FOCUS GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA SD NEGERI 05 KEPAHIANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang pembelajarannya
menggunakan model FGD dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensionaldiSD Negeri 05
Kepahiang, 2)mengetahui peningkatan kemampuan hasil belajarantara siswa yang pembelajarannya menggunakan model
FGDdengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensionaldiSD Negeri 05 Kepahiang, 3)
mengetahui apakah penerapan model pembelajaran FGD efektif untuk mengajarkan materi bangun mengenal rasul-rasul
Allah di SD Negeri 05 on Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVSD Negeri
05 Kepahiang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B untuk SD Negeri 05 Kepahiang. Berdasarkan
hasil perhitungan dengan menggunakan statistika Uji t diperoleh bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif
dan hasil belajar PAI antara siswa yang menerapkan model pembelajaran FGD dengan siswa yang menerapkan pembelajaran
konvensional. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen sebesar 23,10 dan di kelas kontrol sebesar 13,80.
Peningkatan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen sebesar 14 dan di kelas kontrol sebesar 15. Selain itu model
pembelajaran FGD juga efektif untuk mengajarkan materi mengenal rasul-rasul Allah. Hal ini terlihat dari hasil analisa
statistik deskriptif berupa pengamatan aktifitas siswa, guru dan lembar pengamatan keterlaksanaan rencana pembelajaran
selama proses pembelajaran yang berada dalam kategori efektif.
Full Text:
PDFReferences
Haji, Saleh.2013. Pertanyaan Yang Memicu Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. STKIP.
Hamid Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Hartanto. 2009. Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Aplikasi Matematika Siswa Pada Pembelajaran Open
Ended dengan Konvensional di Sekolah Menengah Pertama. Disertasi Doktor Pendidikan Matematika. Universitas Pendidikan Indonesia
Irwanto. 1997. Psikologi Umum. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja rosdakarya
Supriyoko, Ki. 2007. Konfigurasi Pendidikan Nasional. Yogjakarta: Pustaka Fahima
Silberman, Mel. 2006. Active Learning. Bandung: Nusamedia
Undang-Undang SISDIKNAS Bab II Pasal 3. 2003. Jakarta:Sinar Grafika
Tatag Yuli Eko Siswono. 2012. Konstruksi Teoritik Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika, h.3.Unesa
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta; Kencana Prenada Media
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.