PERANAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU PAI SMPN 12 DI KECAMATAN ILIR TALO KABUPATEN SELUMA

Sinarti Sinarti

Abstract


Kualitas suatu lembaga pendidikan bergantung kepada kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Kepala sekolah mem-
punyai peranan yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Oleh karena itu, kepala sekolah tidak
hanya mengemban tanggung jawab sebagai seorang pemimpin akan tetapi, kepala sekolah juga mengemban tanggung jawab
sebagai seorang pembimbing yang mana diharapkan dapat mengelola lembaga pendidikan kearah perkembangan lebih baik
dan dapat menjanjikan masa depan. Pengelolaan lembaga pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab sepenuhnya oleh
kepala sekolah melainkan, pengelolaan pendidikan tersebut merupakan tanggung jawab semua guru. Sebagai standar guru
dalam dunia pendidikan harus memiliki standar kualifikasi dan kompetensi sehingga dalam proses belajar mengajar dapat
mencapai tujuan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI SMPN 12 Seluma dan
mendeskripsikan peranan kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI SMPN
12 Seluma. Hasil penelitian ini adalah Kompetansi pedagogis yang dimiliki guru SMPN 12 Seluma adalah mempersiapkan
terlebih dahulu untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menyiapkan beberapa metode yang sesuai dengan
materi yang diajarkan dan memanfaatkan media-media yang ada. Kemudian upaya-upaya yang dilakukan kepala sekolah
dan guru pendidikan agama Islam dalam memperluas pengetahuan kompetensi, mereka melakukannya pelatihan-pelatihan,
training atau worksop dan mengikutsertakan MGMP baik kota maupun sekolah untuk kenaikan pangkat dan jabatan


Full Text:

PDF

References


Bungin. Burhan. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Cece Wijaya& Tabrani Rusyan, 1994. Kemampuan Dasar Dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya,

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher,

Dinas Pendidikan Nasional, 2003. UU 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional, Jakarta:Diknas

Depart emen Agama RI. A l - Q u r ’ a n d a n Terjemahannya. Jakarta: 2007, h.197

Munir, Abdullah Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta. Ar-Ruzz. 2010

Munir, Abdullah Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta. Ar-Ruzz. 2010

Mulyasa, 2006, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyono. 2009. Menajemen Adminisrtasi Dan Organiasai pendidikan (Jogjakarta Arr-Ruzz Media

Maunah, Binti. 2009. Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek. Yogyakarta Teras.

Nur, Aedi, 2014. Pengawasan Pendidikan Tinjauan Teori dan Praktik, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Oemar Hamalik, 2012, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara

Piet A. Sahertian, Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.

Patton, Michael Quinn, 1991. Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Supardi,

M.Pd,. Ph.D. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Syaiful Sagala, 2012 Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan, Bandung: Alfabeta,

Syahruddin Nurdin, 2003, Guru Profesional & Implementasi Kurikulum, (Jakarta: Ciputat Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.