STRATEGI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PADA FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS IAIN BENGKULU (PERSPEKTIF TEORI TOTAL QUALITY MANAGEMENT)

Kurniawan Kurniawan

Abstract


Aspek yang menjadi problem mendasar dan belum pernah final untuk diperbincangkan dalam dunia pendidikan adalah
mutu pendidikan. Penelitian ini dirumuskan untuk menggambarkan strategi manajemen peningkatkan mutu dan efektifitas
penerapan strategi tersebut pada Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu dalam perspektifteori Total Quality Management.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi
sebagai instrumennya. Keabsahan data diperiksa dengan empat teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi
metode, triangulasi penyidik dan triangulasi teori. Analisis data dilakukan melalui model analisis interaktif, yaitu dengan
mengorganisasikan data, reduksi data, display atau penyajian data, dan akhirnya diinterpretasi sehingga menghasilkan suatu
konklusi atau kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Strategi manajemen peningkatan mutu yang diterapkan
di Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu sesuangguhnya relevan dan sesuai dengan prinsip atau nilai-nilai Total Quality
Management (TQM). Karena adanya kesamaan filosofi, prinsip, nilai dan elemen penunjangnya, yakni perbaikan yang
dilakukan secara terus menerus, penentuan standar mutu, pemberian layanan, mempertahankan hubungan dengan pelanggan,
peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan dan pelatihan, perubahan organisasi yang disesuaikan dengan
statuta institusi, pemberdayaan dan keterlibatan karyawan dalam kegiatan. Penerapan strategi tersebut adalah efektif. Hal ini
ditandai oleh terpenuhinya indikator-indikator dalam penerapan prinsip atau nilai-nilai Total Quality Management (TQM).
Beberapa diantaranya yakni peningkatan kualiatas kinerja dosen, peningkatan kedisiplinan dosen dan pegawai atau staf,
peningkatan pelayanan terhadap mahasiswa dan peningkatan jumlah sarana dan prasarana perkuliahan. Selain itu proses
peningkatan mutu terukur melalui standar mutu, pelanggan ekternal terutama mahasiswa mudah dalam berkonsultasi,
diberikan fasilitas dalam menilai kinerja dosen melalui Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), Kotak saran dan kuesioner.


Full Text:

PDF

References


Abbas, Syahrizal., Manajemen Perguruan Tinggi, Beberapa Catatan Jakarta : PRENADA MEDIA GROUP, 2009.

Arikunto, Suharsimi., Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Hadis, Abdul dan Nurhayati, Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: ALFABETA, 2010.

http://Tracer study.cdc.ui.ac.id. J.R. Raco., Metode Penelitian Kualitatif; Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo, 2010.

Kasiran, Moh., Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif, Malang: UIN MALIKI PRESS, 2008.

Kompri, Manajemen Pendidikan, Jilid 1, Bandung: ALFABETA, 2015

Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2010.

Prihantoro, Rudy, Konsep Pengendalian Mutu, Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2012.

Rivai, Veithzal dan Sylviana Murni, Education Management: Analsisi Teori dan Praktik, Jakarta, RajaGrafindo Persada, 2012.

Sallis, Edward., Total Quality Management in Education. Terjemahan Ahmad Ali Riyadi dan Fahrurrozi, Yogyakarta: IRCiSoD, 2012.

Sagala, Syaiful, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: ALFABETA, 2006

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian

Pendidikan, Bandung:PT REMAJ A ROSDAKARYA, 2013.

Sukardi., Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensidan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Tanzeh, Ahmad., Metodologi Penelitian Praktis, Yogyakarta: Teras, 2011.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2011.

Tim Penyusun LPM IAIN Bengkulu, Sistem Penjaminan Mutu LPM IAIN Bengkulu, Bengkulu: LPM IAIN Bengkulu, 2013.

Tim Penyusun LPM IAIN Bengkulu, Buku Pedoman Penilaian Indeks Kinerja Dosen, Bengkulu: LPM IAIN Bengkulu, 2014.

Tim Penyusun FTT IAIN Bengkulu, Rencana Strategis Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu, Bengkulu: FTT IAIN Bengkulu, 2015.

Tim Penyusun LPM IAIN Bengkulu, Manual Mutu Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Bengkulu, Bengkulu: LPM IAIN Bengkulu, 2014.

Tim Syaamil, Syaamil al-Qur’an dan terjemahnya, Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema, 2009

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana, Total Quality Management, Yogyakarta, Andi Offset, 2001.

Vincent Gaspersz, Total Quality Management, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,2003




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.