STRATEGI PENGAWAS PAI SMP/MTS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI KABUPATEN BENGKULU TENGAH
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa kegiatan kepengawasan PAI sejauh ini belum berjalan optimal.Akibatnya
kepengawasan PAI belum berdampak positif terhadap peningkatan mutu kinerja guru PAI.Menurut survei dari beberapa
lembaga survei dunia kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia ini dan
penyebabnya tidak bisa disimpulkan mana yang benar dan siapa yang salah. Karena setiap kita bertanggung jawab, baik
lembaga pendidikan, tenaga pendidik, kepala sekolah dan juga pengawas sekolah bertanggung jawab atas maju dan mundurnya
dunia pendidikan di Indonesia, dan masing-masing hendaknya memiliki strategi sehingga kinerjanya bagus dan hasilnya pun
membanggakan. terutama Pengawas pendidikan yang dikembangkan melalui sekolah sebagai sumber pembangunan moral
Bangsa,memikul beban yang sangat berat.Kedudukan seorang pengawas merupakan juru kunci (key position) pendidikan harus
menyadari bahwa masalah yang paling utama adalah bagaimana mempertumbuhkan personal dan professional Guru-guru
yang diawasinya sehingga kinerja guru pun meningkat. Karena guru memang dituntut memiliki kinerja yang tinggi khususnya
guru pendidikan agama islam.Selain kompetensi yang memang harus dimiliki oleh pengawas/supervisi untuk meningkatkan
kinerja guru hendaknya pengawas juga memiliki strategi. dari penelitian yang telah penulis lakukan di bebrapa SMPN Bengkulu
tengah Pengawas PAI SMP/MTs Bengkulu Tengah memiliki Strategi berupa pendekatan social dan melakukan sharing dalam
berbagai kegiatan pengawasandimana pengawas PAI dan juga kepala sekolah bersama-sama melakukan perbaikan-perbaikan
kepada guru ketika terjadi kesalahan dan kekurangan pelaksanaan pembelajaran baik yang berhubungan dengan administrasi
pembelajaran maupun dalam pelaksanaan pembelajaran itu sendiri sehingga strategi yang dipakai berdampak positif terhadap
guru dalam peningkatan kinerja guru baik dalam proses pembelajaran maupun dari administrasi guru seperti pembuatan RPP,
Silabus, Prota, Prosem dan juga laporan bulanan untuk kelengkapan sertifikasi.
Full Text:
PDFReferences
A. Sahertian, Piet. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.
Burhanuddin harahap.Supervisi pendidikan. Jakarta: PT Ciawi Jaya, 1983.
Banun Sri, supervisi pendidikan meningkatkan kaulitas profesionalme guru. Bandung: Alfabeta, 2010.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.
Departemen Agama RI. Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam.Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2003.
Departemen Agama RI. Profesionalisme Pelaksanaan Pengawas Pendidikan, (Upaya Meningkatkan Kinerja Pengawas). Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2005.
E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran kreatif dan Menyenangka. Jakarta: Rosdakarya, 2008.
Ferdi, Eko .kualitas pendidikan di Indonesia, dimuat dalam http: ekoferdy07. Bogspot.sg, 2016.
M. Echols, Jhon dan Hasan Sadaly. Kamus Inggris–Indonesia. Jakarta: PT Gramedia,2005.
Mansyur, A. Salim Mansyur. Administrasi dan Supervisi pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2009.
Masaong, Kadim. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan kapasitas guru memberdayakan Pengawas sebagai gurunya guru. bandung: alfabeta,2013.
Munir, Abdul. "Supervisi Pengawas dan Kualitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Hubungannya dengan Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Putussibau Selatan dan Putussibau Utara Kabupaten Kpuas Hulu”. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Jakarta, 2012.
Naim, Ngainun dan Ahmad Fatoni. Materi Penyusunan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Nawawi, Hadari. Evaluasi dan manjemen Kinerja dilingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2006.
Prastowo, Andi. Menguasai teknik-teknik koleksi data penelitian kualitatif. Jogjakarta: diva press, 2010.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i3.1775
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.