STUDI KOMPARASI KOMPETENSI GURU SD ISLAM TERPADU LAN TABUR KOTA PAGARALAM DAN MI AL AZHAR KOTA PAGARALAM
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan kompetensi antara kompetensi Guru SD IT Lan
Tabur dan MI Al Azhar Kota Pagaralam tahun pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini merupakan penelitian komparasional
untuk mengetahui perbedaan kompetensi Guru SD IT Lan Tabur Kota Pagaralam dan MI Al Azhar Kota Pagaralam. Populasi
pada penelitian ini meliputi guru kelas yang mengampu mata pelajaran matematika sebanyak 31 guru dengan rincian guru
SD IT Lan Tabur berjumlah 14 guru dan Guru MI Al Azhar berjumlah 17 orang. Metode dokumentasi dilakukan untuk
memperoleh data tentang guru. Metode kuesioner/angket untuk memperoleh data tentang kompetensi gutu. Metode observasi
dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran oleh guru di kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
kompetensi guru SD IT Lan Tabur dan MI Al Azhar tahun pelajaran 2014/2015 hal tersebut ditunjukkan pada hasil analisis
data kuesioner/angket dengan uji-t diperoleh t
sehingga
w t + w t
1 1 2 2
w
1
+ w
(-2,1322) <
2
w
hitung
=3,8987 dan
w t + w t
w
1 1 2 2
1
+ w
2
(2,1322)<t
hitung
w
1
t
1
1
(3,8987)
+ w
+ w
2
2
t
2
( 2,1322) dengan taraf signifikasi 5% dk= n-1,
Selain itu berdasarkan hasil observasi diperoleh skor rata-rata guru SD IT Lan Tabur 32,7857 dan skor rata-rata guru MI Al
Azhar 35,2941 sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan kompetensi guru SD IT Lan Tabur Kota Pagaralam dan MI
Al Azhar Kota Pagaralam tahun pelajaran 2014/2015
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,Suharsimi,Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta:Rei neka Cipta, 2010
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Suatu Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Arikunto,Suharsimi, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007
Arikunto,Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006
Pemadi, Dadi dan Arifin, Daeng. Panduan Menjadi Guru
Professional: Reformasi Motivasi Dan Dalam Mengajar,Bandung: Nuansa Aulia, 2013
Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosda Karya,2008
Hari wijaya, Meningkatkan Kecerdasan Matematika,Yogyakarta: Tugupublisher, 2009
Modul Kelompok Guru Pengawas Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru(PLPG), Semarang: T.P,2010
Mubarok, Ahmad,‖ Studi Kompersai Kompetensi Pedagogic Dan Profesionalisme GuruBersertifikasi Dengan Guru Non Sertifikasi Pendidik Mata Pelajaran Sains Pada Madrasah Ibtidaiyah
Negeri Di Kota Metro Lampung‖. Tesis Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga,2013
Mulyasa,E,StandarKompetensiDanSertifikasiGuru,Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2009
Muntasir,Saleh M, Pengajaran Terprogram (Teknologi Pendidikan Dengan Pengandalan Tutor,Jakarta: CV Rajawali,1985
Nasution .S, Didaktik Asas Asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara,2010
Nurdin,Syafruddin, Guru Professional Dan Implementasi Kurikulum: Ciputat: Quantum Teaching,2005
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2016 Tentang Standar Kualifikasi kademik Dan Kompetensi Guru
Peraturan Pemerintah Republic Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Paturrohman,Pupuh dan Sutikno,Sobry M. Strategi Belajar Mengajar,Bandung: Refika Aditama,2010
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka,2005
Rahman, Nazaruddi n, Regulasi Pendidikan Menjadi Guru Professional Pasca Sertifikasi, Yogyakarta:Pustaka Felicha,2009
Sagala,Syaipul,Kemampuan Professional Guru Dan Tenaga Pendidikan, Bandung: Alfa Beta,2009
Soedjadi,R. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia(Konstanta Masamkini Menuju Harapan Masa Depan,Surabaya: Departemen
Pendidikan Nasional,2000
Sudjono, Anas, Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta:Raja Grafindo Persada,2010
Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfa Beta, 2010
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008
Sujana, Metode Statistika, Bandung:Tarsito,2005
Suparlan, Guru Sebagai Profesi,Yogyakarta: Hikayat,2006
Suparno, Paul. Guru Demokartis: Diera Reformasi Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2004
Asep, Suyanto dan Jihad,Asep. Bagaimana Menjadi calon Guru Dan Guru Professional, Yogyakarta: Multi Pressindo,2013
Tilaar, H.A.R, Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Rineka Cipta,2002
Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan DanTenaga Pendidikan, Jakarta:Media Kencana
Group,2010
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Usman, User Moh, Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005
Yamin, Martinis, Sertifikasi Profesi Keguruan Di Indonesia, Jakarta: Persada Press, 2005
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i2.1774
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.