STUDI KOMPARASI KOMPETENSI GURU SD ISLAM TERPADU LAN TABUR KOTA PAGARALAM DAN MI AL AZHAR KOTA PAGARALAM

Ikhwan Pamuji

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan kompetensi antara kompetensi Guru SD IT Lan
Tabur dan MI Al Azhar Kota Pagaralam tahun pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini merupakan penelitian komparasional
untuk mengetahui perbedaan kompetensi Guru SD IT Lan Tabur Kota Pagaralam dan MI Al Azhar Kota Pagaralam. Populasi
pada penelitian ini meliputi guru kelas yang mengampu mata pelajaran matematika sebanyak 31 guru dengan rincian guru
SD IT Lan Tabur berjumlah 14 guru dan Guru MI Al Azhar berjumlah 17 orang. Metode dokumentasi dilakukan untuk
memperoleh data tentang guru. Metode kuesioner/angket untuk memperoleh data tentang kompetensi gutu. Metode observasi
dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran oleh guru di kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
kompetensi guru SD IT Lan Tabur dan MI Al Azhar tahun pelajaran 2014/2015 hal tersebut ditunjukkan pada hasil analisis
data kuesioner/angket dengan uji-t diperoleh t
sehingga
w t + w t

1 1 2 2
w
1
+ w
(-2,1322) <
2
w
hitung
=3,8987 dan

w t + w t

w
1 1 2 2
1
+ w
2

(2,1322)<t

hitung
w
1
t
1
1
(3,8987)
+ w
+ w
2
2
t
2
( 2,1322) dengan taraf signifikasi 5% dk= n-1,
Selain itu berdasarkan hasil observasi diperoleh skor rata-rata guru SD IT Lan Tabur 32,7857 dan skor rata-rata guru MI Al
Azhar 35,2941 sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan kompetensi guru SD IT Lan Tabur Kota Pagaralam dan MI
Al Azhar Kota Pagaralam tahun pelajaran 2014/2015


Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi,Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Jakarta:Rei neka Cipta, 2010

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Suatu Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Arikunto,Suharsimi, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Arikunto,Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006

Pemadi, Dadi dan Arifin, Daeng. Panduan Menjadi Guru

Professional: Reformasi Motivasi Dan Dalam Mengajar,Bandung: Nuansa Aulia, 2013

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosda Karya,2008

Hari wijaya, Meningkatkan Kecerdasan Matematika,Yogyakarta: Tugupublisher, 2009

Modul Kelompok Guru Pengawas Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru(PLPG), Semarang: T.P,2010

Mubarok, Ahmad,‖ Studi Kompersai Kompetensi Pedagogic Dan Profesionalisme GuruBersertifikasi Dengan Guru Non Sertifikasi Pendidik Mata Pelajaran Sains Pada Madrasah Ibtidaiyah

Negeri Di Kota Metro Lampung‖. Tesis Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga,2013

Mulyasa,E,StandarKompetensiDanSertifikasiGuru,Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2009

Muntasir,Saleh M, Pengajaran Terprogram (Teknologi Pendidikan Dengan Pengandalan Tutor,Jakarta: CV Rajawali,1985

Nasution .S, Didaktik Asas Asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara,2010

Nurdin,Syafruddin, Guru Professional Dan Implementasi Kurikulum: Ciputat: Quantum Teaching,2005

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2016 Tentang Standar Kualifikasi kademik Dan Kompetensi Guru

Peraturan Pemerintah Republic Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Paturrohman,Pupuh dan Sutikno,Sobry M. Strategi Belajar Mengajar,Bandung: Refika Aditama,2010

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia,Jakarta: Balai Pustaka,2005

Rahman, Nazaruddi n, Regulasi Pendidikan Menjadi Guru Professional Pasca Sertifikasi, Yogyakarta:Pustaka Felicha,2009

Sagala,Syaipul,Kemampuan Professional Guru Dan Tenaga Pendidikan, Bandung: Alfa Beta,2009

Soedjadi,R. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia(Konstanta Masamkini Menuju Harapan Masa Depan,Surabaya: Departemen

Pendidikan Nasional,2000

Sudjono, Anas, Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta:Raja Grafindo Persada,2010

Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfa Beta, 2010

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008

Sujana, Metode Statistika, Bandung:Tarsito,2005

Suparlan, Guru Sebagai Profesi,Yogyakarta: Hikayat,2006

Suparno, Paul. Guru Demokartis: Diera Reformasi Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2004

Asep, Suyanto dan Jihad,Asep. Bagaimana Menjadi calon Guru Dan Guru Professional, Yogyakarta: Multi Pressindo,2013

Tilaar, H.A.R, Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Rineka Cipta,2002

Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan DanTenaga Pendidikan, Jakarta:Media Kencana

Group,2010

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Usman, User Moh, Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005

Yamin, Martinis, Sertifikasi Profesi Keguruan Di Indonesia, Jakarta: Persada Press, 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i2.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.