PENGARUH PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MAN PAGARALAM
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah berpengaruh Perilaku kepemimpinan kepala madrasah terhadap
kinerja guru MAN Pagaralam? 2) Apakah berpengeruh motivasi kerja terhadap kinerja guru MAN Pagaralam? 3) Apakah
berpengaruh Perilaku kepemimpinan kepala Madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MAN Pagaralam? Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif korelasional, dengan menggunakan analisis
uji regresi ganda. Subjek penelitian seluruh guru MAN Pagaralam yang berjumlah 46 orang. Istrumen berbentuk quisioner
atau angket tertutup. Setelah data terkumpul dianalisis dan diolah, diperoleh data sebagai berikut: Pengaruh perilaku
kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MAN Pagaralam dengan katerori baik dengan
besaran masing-masing 66%, 65% dan 70%. Ada hubunngan yang signifikan antara pengaruh perilaku kepala sekolah
dengan kinerja guru 66% dan sisanya 34% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ditelti, pengaruh motivasi kerja
dengan kinerja guru 65% dan sisanya 35% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. secara bersama-sama pengaruh
perilaku kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MAN Pagaralam 70% dan sisanya 30% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti.
References
Arikunto,Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Jakarta: Rineka Cipta,2010
As’ad, M. Psikologi Industri, Yogyakarta, 1999Blanchard Kennet . At all, “Leadership and the one Minute Manager” diterjemahkan oleh Agus, Kepemimpinan dan Manager Satu Menit, Meningkatkan Efektifitas Melalui Kepemimpinan Situasional Jakarta: Erlangga 1992
Dukhri, Hubungan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kebijakan Karier dengan Motivasi Berprestasi Guru SMA Negeri di Kabupaten Pemalang, UNS, 2008
Fatah, Nanang, Landasan Managemen Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,2008
Fabil, “Pengaruh Kepemimpinan Kepala sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP N 01 Lebong Utara Kabupaten Lebong”, (Tesis: STAIN Bengkulu), 2011
Fahmi, Irham,Managemen Pengambilan Keputusan Teori dan Aflikasi, Bandung: Alfa Betha, 2011
Mulyasa, E. Managemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002
Munir, Abdullah, (Tesis Univ, 2005) Menjadi Kepala Sekolah Efektif
Purbayu, Budi Santosa, Analisa Statistik dengan SPSS, Yogyakarta: Andi Offset, 2008
Riduwan, Metode dan Tehnik Penyusunan Proposal Penelitian, Bandung: Alfa Betha, 2013
Sutarso, Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi, Yogyakarta: Gajah Madah University Press, 2001
Sugiono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta’ 2008
Sugiono, Metode Penelitian Managemen, Bandung: Alfabeta, 2014
Suyanto dan Hisyam, Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Milinium III, Yogyakarta: Adicipta, 2002
Supradi dan Dedy, Guru di Indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI, 2002
Supriadi, at all, Reformasi Pendidikan dalam Konteks Ot onomi Daerah, Jakarta: Adiciptakarya Nusa, 2001
Syah dan Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: P T. Remaja Rosdakarya, 1999
Sutarso, Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi, Yogyakarta: Gajah Madah University Press, 2001
Team Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Indonesia, Managemen Pendidikan, Bandung: Alfa Beta, 2009
Wahyosumidjo, Kepemimpinan dan Motivasi, Jakarta:Ghalia Indonesia, 1987
Wijaya dan Ruslan, Kemampuan Dasa Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT.Remaja Rosda Karya, 1992
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i2.1771
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.