PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH AL-AZHAR PAGARALAM

Supian Hadi

Abstract


Peran penting kepemimpinan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan motivasi dan kinerja guru, menerapkan kualitas
sekolah, dan gerak langkah suatu organisasi sekolah, dikendalikan oleh kepala sekolah. Pembahasan tersebut dibahas
melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA Al-Azhar Pagaralam. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan
metode analisis deskriptif, yaitu penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu populasi.
Dalam penelitian ini populasi sebanyak 16 guru dan kepala sekolah. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
instrument angket untuk memperoleh data X1, X2, dan Y. Instrument angket sebelum digunakan untuk memperoleh data
yang obyektif., terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reabilitas. Setelah dilakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebar
angket untuk memperoleh data X1, X2 dan Y. Hasil yang diperoleh memperlihatkan terdapat pengaruh kepemimpinan kepala
sekolah terhadap kinerja guru MA Al-Azhar Pagaralam sebesar 45,2%, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru MA
Al-Azhar Pagaralam sebesar 21,3% dan. Jadi terlihat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru MA
Al-Azhar Pagaralam paling besar diantara kedua variabel yang diteliti dan diikuti dengan pengaruh motivasi kerja. Secara
total pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MA Al-Azhar Pagaralam diperoleh
sebesar 76,9%. Dengan demikian dapat diketahui ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan
motivasi kerja terhadap kinerja guru di MA Al-Azhar Pagaralam.


Full Text:

PDF

References


Ambar Teguh Sulistiani Rosidah, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009

A Tabrani R, Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru, Cianjur: CV Dinamika Karya, 2000

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997

Arikunto Suharsimi, Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara, 2008

Davis, Keith dan John W. Newstrom, Perilaku dalam Organisasi, (Terjemahan Agus Darma), Jakarta: Erlangga, 1995

Dedi Supriadi, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 1998

E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009

Haidar Bagir dalam Ali Syari’ati, Ummah dan Imamah, Suatu Tinjauan Sosiologis, Bandung, Pustaka Hidayah, 1989

Ismail Raji al-Faruqi, Islamisasi Ilmu Pengetahuan, terj. Anas Mahyuddin, Bandung: Pustaka, 1984

Istijanto, Riset Sumber Daya Manusia, Cara Praktis mendeteksi Dimensi-Dimensi Kerja Karyawan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005

Mangkunegara, Anwar Prabu, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005

Miftah Toha, Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: PT Raja Grapindo, 2003

Rahman at all, Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, (Jatinangor: Alqaprint), 2006

Rivai, Veithzal, Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004

Robbin Stephen P, Organizational Behavior, New Jersey: Prentice Hall International, 2001

Sondang P Siagian, Teori dan Praktik Kepemimpinan, Bandung: Rineka Cipta, 2003

Supranto J., Statistik Teori dan Aplikasi, Bandung: PT Gelora Aksara, 2000

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 edisi 2009, Tentang Guru dan Dosen, Bandung, Depdiknas, Citra Umbara Wahjosumijo, Kepemimpinan Kepala Sekolah,

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002

Wibowo, Manajemen Kinerja, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada, 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i2.1769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.