MODEL KEPEMIMPINAN YAYASAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME DOSEN DI STIT KOTA PAGARALAM
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana model kepemimpinan Ketua Yayasan di STIT Kota Pagaralam, 2)
Bagaimana pelaksanaan supervise yang dilakukan oleh Ketua Yayasan Islam di STIT Kota Pagaralam, dan 3) Bagaimana strategi
Ketua Yayasan dalam meningkatkan profesionalisme dosen di STIT Kota Pagaralam.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)
Model kepemimpinan Ketua Yayasan di STIT Kota Pagaralam, 2) Pendekatan supervise yang dilakukan Ketua Yayasan di STIT
Kota Pagaralam, 3) Strategi yang dilakukan Ketua Yayasan dalam meningkatkan profesionalisme dosen di STIT Kota Pagaralam.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data-data yang ada serta menggunakan metode
observasi, wawacara dan dokumentasi yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan.Adapun strategi Ketua Yayasan STIT Kota
Pagaralam dalam meningkatkan profesionalisme dosen dengan melakukan berbagai pendekatan yaitu: 1) menerapkan manajemen
terbuka, 2) dosen dianggap sebagai mitra, 3) pemberian tugas sesuai kemampuan, 4) memperhatikan loyalitas dan dedikasi dosen,
5) mendorong dosen untuk memperbaiki diri, 6) selalu siap dikritik, 7) memberikan kesempatan untuk meningkatkan kualifikasi,
8)melakukan kunjungan, 9) memberikan penyegaran, 10) memberikan penghargaan bagi dosen yang berprestasi. 11) Selalu me-
lakukan evaluasi terhadap program dan tanggung jawab yang diberikan dosen dan karyawan yang ada.
Full Text:
PDFReferences
Ametembun N.A. Guru dalam Administrasi Sekolah. Bandung: IKIP Bandung, 1995.
Arikunto, Suharsimi. Dan Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta Aditya Media, 2009.
Danim, Sudarwan. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta PT. Bumi Aksara, 2008.
Danim Sudarwan dan Suparno, Menjadi Pemimpin Besar Visioner Berkarakter, Bandung Alfabeta, 2012.
Handoko, T. Hani. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta:BPFE-Yogyakarta, 2003.
http//chrestyfernando.blogspot.com/ 2012/05/teori-kepemimpinan.html.
Komariah Aan, Triatna Cepi. Visionary Leadership. Jakarta PT. Bumi Aksara, 2006.
MUkhtar Mukhneri, Supervision: Improving Performance and Development Quality In Education, (Jakarta: Prodi Manajemen
Pendidikan PPs Universitas Negeri Jakarta, 2011).
Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.
Nawawi, Hadari, Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi, Yogyakarta: Gajahmada University Press, 2006.
Pidarta Made. Manajemen Pendidikan Indonesia, Bandung: Nuansa Aulia, 2013.
Purwanto Ngalim M. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1991.
_____, Administrasi dan Supervisi Pendidkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.
Sahertian A. piet, Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Soetopo Hendiyat, Wasty Soemanto. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara, 1988.
Sunindhia.Kepemimpinan Dalam Masyarakat Modern. Jakarta: PT. Bina Aksara, 1988.
Wahab, Abdul Aziz, Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan ( Telaah Terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2008.
Tjiptono, Fandy. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset, 2001
Timpe Dale. SeriLimit dan Seni Manajemen Bisnis Kepemimpinan. Jakarta: Gramedia, 1991.
Usman Husaini. Manajemen: Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2010.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i2.1768
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.