MANAJEMEN PENJENJANGAN PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL PADA PESANTREN DI KOTA BENGKULU

Suyanto Suyanto

Abstract


Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia secara efektif untuk mencapai
tujuan. Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis untuk mencapai kwalitas diri yang
lebih baik melalui jenjang pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan
dicapai, dan kemampuan yang akan dikembangkan. Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan yang mempunyai
sifat kemandirian, tumbuh serta diakui masyarakat sekitarnya, dengan sistem asrama. Pondok Pesantren Hidayatul
Qomariyah dan Hidayatul Mubtadi‟in adalah pesantren yang menyelenggarakan pendidikan diniyah formal (pdf) tahap
persiapan.Merespon keinginan masyarakat agar putra-putrinya setelah memiliki ijazah adalah alasan utama pesantren
menyelenggarakan pendidikan formal. Menghidupkan (menjadi unggulan) madrasah dibawah naungan Kementrian Agama
merupakan alasan ke dua pondok pesantren Salafiyah Sentot Alibasya.


Full Text:

PDF

References


Atmodiwirjo, Subagio, Manajemen Pendidikan Indonesia, tt: Proyek Peningkatan Mutu SLTP Jakarta Ditjen Dikdasmen Depdiknas, 2000.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahny, Bandung;Diponegoro, 2000

J. Meleon, Lexi, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung; PT Remaja Rosda Karya, 1993.

Masyhud, Sulthon, dan Husnurdilo, Moh, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2003.

Nurcholis Majid, Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta Paramadina, 1997.

Rohimin, Pedoman Penulisan Tesis Dan Makalah Konsentrasi Supervisi Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Bengkulu: Program Pascasarjana IAIN Bengkulu, 2014.

Soebahar, Abd. Halim, Kebijakan Pendidikan Islam Dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas, Jember: Pena Salsabila, 2012

Tim Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam/Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren, Profil Pondok Pesantren MUADALAH, Jakarta: Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam/ Direktorat Pendidikan

Keagamaan dan Pondok Pesantren melalui Proyek Peningkatan Pondok Pesantren Tahun Anggaran 2004, 2004.

Umiarso dan Zazin, Nur, Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren, Semarang: RaSAIL Media Group, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i2.1767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.