MANAJEMEN PENDIDIKAN PESANTREN SALAFIYAH DARUL HIKAM PAGARALAM

Maisun Maisun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang a) Perencanaan Manajemen pendidikan Darul Hikam
b) Metode pengajaran Pondok Pesantren. Masalah penelitian ini menitikberatkan pada Bagaimana Perencanaan, dan
pelaksanaan pendidikan pesantren Salafiyah Darul Hikam Pagaralam. Untuk menjawab masalah penelitian ini, di gunakan
jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Data yang di peroleh dari kyai,Pengasuh, staff tata Usaha,
Santri dan santriwati. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode Observasi participant,wawancara,dan
penelitian dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Metode pengajaran apa saja yang berlaku di pesantren.b)
Pola pendidikan pesantren Salafiyah darul Hikam adalah Pola pendidikan pesantren Salaf yang mewajibkan siswa Tinggal di
asrama. Sasaran yang ingin di capai Pondok Pesantren Darul Hikam adalah focus pada pendidikan.Untuk mencapai sasaran
tersebut maka langkah langkah yang di tempuh adalah: 1) Perencanaan,2) Pelaksanaan dan 3) Pengawasan.


Full Text:

PDF

References


Mukti Bisri, Abdul dkk, 2002, Metodelogi Pembelajaran Di Salafiyah, (Jakarta: 2002).

Departemen Agama RI, 2004, Petunjuk Tekhnis Pondok Pesantren, (Jakarta: 2004).

Hamalik, Oemar, 2008, Manajemen Pengembangan Kurikulum,(Bandung: PT RemajaRosdakarya ). Mas’ud, Abdurrahman,2004, Jihad ala Pesantren di mata Antropolog Amerika (Yogyakarta:Gama Media).

Ainurrofiq Dawam dan Ahmad Ta ’ r i f i n , 2008, Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, cet. 3. (Jakarta:PT. Lista Farika Putra).

Dhofier, Zamakhsyari 2011, Tradisi Pesantren. cet. 8, ed. 8, (Jakarta; LPEES).

Haedari, Amin dan Ishom El-Saha, 2008, Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah. (Jakarta:Diva Pustaka).

Halim, A dkk, 2005, Manajemen Pesantren, cet. 1, (Yogyakarta:PT. LkiS Pelangi Aksara).

Jawwad, M. Abdul Menjadi Manajer Sukses, 2004, cet. 1, (Jakarta: Gema Insani).

Masyhud, M. Sulthon dan M. Khusnurridlo, 2003, Manajemen Pondok Pesantren, cet. 1, (Jakarta: Diva Pustaka).

MU YAPPI, 2008, Manajemen Pengembangan Pondok Pesantren, cet. 1(Jakarta: Media Nusantara).

Sutabri, Tata 2005, Sistem Informasi Manajemen, cet. 1. Ed. 1 Perpustakaan Negara.

Yacub, M, 2006, Pondok Pesantren dan Pembangunan Masyarakat Desa, (Bandung:PT. Angkasa).

Abdalla, Ulil Abshar, Humanisasi Kitab Kuning: Refleksi dan Kritik atas Tradisi Intelektual Pesantren dalam Pesantren masa depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantre, Cet. I; Bandung: Pustaka Hidayah, 1999

Ali, Mukti, Beberapa Persoalan Dewasa Ini, Jakarta: Rajawali Press, 1987

Haedari, Amin, dkk, Masa Depan Pesantren Dalam Tantangan Modernitas dan Kompleksitas global,Cet, 1; Jakarta: IRD Press, 2004

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsurmdan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994

Syukri Zarkasyi, Abdullah, Manajemen Pesantren Pengalaman Pondok Modern Gontor, Cet ke-2; Ponorogo: Trimurti Press, 2005

Wahid, Abdurahman, Kepemimpinan Dalam Pengembangangan Pesantren dalam Bunga Rampai Pesantren, Jakarta: CV Dharma Bhakti, tt

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, cet II, Jakarta: LP3ES, 1986

Qomar, Muj amil. Manajemen Pendidikan Islam.2008.Surabaya: Erlangga

Qomar, Mujamil.Pesantren: dari transformasi Metodologi menuju Demokratisasi Institusi. 2006. Yogyakarta:PT Gelora Aksara

Pratama

Azra, Azyumardi.Essei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam.1998.Jakarta: Logos Wacana Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i2.1766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.