MANAJEMEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MODEL DI SMA PLUS NEGERI 7 KOTA BENGKULU
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Manajemen/Pengelolaan Pendidikan Agama Islam Model/
Pendidikan Agama Islam Percontohan di Sekolah Umum, sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengevaluasi dari
Perencanaan Pendidikan agama Islam Model, untuk mengevaluasi Pengorganisasian Pendidikan Agama Islam Model, untuk
mengevaluasi Pelaksanaan Pendidikan agama Islam Model, untuk mengevaluasi Pengawasan Pendidikan Agama Islam Model.
Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisa
data menggunakan analisis evaluatif yaitu dengan analisa data kuantitatif dan analisa data kualitatif. Dari pembahasan hingga
sampai pada hasil penelitian, bahwa evaluasi Manajemen Pendidikan agama Islam Model di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu,
untuk perencanaannya telah berjalan dengan baik karena sudah ada programnya, begitupun dengan pengorganisasiannya sudah
berjalan dengan baik karena sudah terbentuk dan terstruktur dengan pembagian tugas masing-masing, dalam pelaksanaannya
bila dilihat dari angket maupun dari hasil wawancara sudah berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari hasil angket dan
wawancara pelaksanaan pendidikan agama Islam yang selalu menunjukkan angka nilai yang positif, namun terdapat catatan
dalam hal penggunaan dan pemanfaatan media pembelajaran yang masih dinilai kurang baik. Sedangkan pengawasan telah
dilakukan dengan baik.
Full Text:
PDFReferences
Ririn Gusti, Korelasi Pengalaman Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Tesis STAIN Bengkulu. 2012.
Arifin H.M, Kapita selekta Pendidikan Islam dan Umum, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991)
Al-Qur’an dan Terjemahnya, Mujamma’ Khadim al Haramain asy Syarifain al Malik Fahd li thiba’at al Mush-haf asy-Syarif, (Medinah Munawwarah P.O.Box.351). Prof.Dr.Abdul Mujib, M.Ag dan Dr. Jusuf
Mudzakkir, M.Si, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2010).
Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2009) cet. Kedelapan. Rakyat Bengkulu, Melihat Pembelajaran PAI di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu, Berbasis IT, Pendidikan Islam Model di Sekolah Umum, 13 Februari 2014.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penlitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, cet. Ke-6, 2010).
Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010).
Ruliyan Subdiarti, Evaluasi Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Pengawas Pendidikan Agama Islam SMAN di Kabupaten Seluma. Tesis IAIN Bengkulu, 2014.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Sutrisno Hadi, Metodologi Reseach Jilid 2, (Yogyakarta: Andi Offset, 2000).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: Rajawali, 1998.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v1i2.1765
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.