The Correlation Between Students Interest on Fiction and Nonfiction Literatureand Their Reading Comprehension Ability
Abstract
Sastra fiksi dan nonfiksi kadang-kadang tergantung pada
pengetahuan sastra pembaca. Fokus utama dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah ada atau tidak adanya hubungan yang
signifikan antara minat siswa pada sastra fiksi dan nonfiksi dengan
kemampuan pemahaman membaca mereka, Populasi penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa semester empat TBI lAIN Bengkulu pada
tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 147 siswa, Sample yang
digunakan dipilih secara acak dan hanya 30 siswa, Mereka
menjawab kuesioner dan reading tes secara independent. Data
diperoleh darr hasil pengumpulan data yaitu skor kuesioner dan skor
reading test. Kuesioner digunak.an untuk mengetahui minat
mahasiswa pada sastra fiksi dan nonfiksi para mahasiswa dan
reading tes digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman
membaca mahasiswa, Dengan dernikian, Pearson Product Moment
Korelasi SPSS 16 digunakan untuk menganalisis data pada
penelitian ini.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat
mahasiswa pada sastra nonfiksi lebih besar dari sastra fiksi. Hasil
akhir juga didukung oleh analisis statistik yang menunjukkan bahwa
ada hubungan yang signifikan antara minat mahasiswa pada sastra
fiksi dan kemampuan pemahaman rnembaea mercka (0.002 < 5%
dari tingkat signifikan), dan sastra nonfiksi (0.003 < 5% dari tingkat
signifikan). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif
antara minat mahasiswa pada sastra fiksi dan nonfiksi dengan
kemampuan pemahaman membaca siswa
Full Text:
PDFReferences
Arikonto, S. (1997). Prosedur Penetilian. Renika Cipta: Jakarta
Antoni, N. (2010). Exploring EFL Teachers' Strategies in Teaching Reading
Comprehension. Research Journal of Education.
Bell, Karen; Caspari, Amy. (2002). Strategies for Improving Non-Fiction Reading Comprehension. Published report research.
Billings, Henry & Billings, Mellisa . (2000)>>eceptions21 Fascinating Stories of Trickey and Fraud - with Exercises for Developing Reading
Comprehension and Critical Thinking Skills. USA: Jameston, Publishers.
Birce, Basol. et. a1.(2011).The Relationship between Reading Comprehension Competence and Word Problem Comprehension among Third-Grade Students. Journal of European Education.
Darmono. (20) 3).A Correlation Between Grammar Achievement and Reading Comprehension Achievement. Published Journal.
Brown, James Dean.(1988).Unders/anding Research in Second Language
Learning. Cambridge: University Press.
Dornyei, Zoltan. (2003) Questionnaires in Second Language Research. London:Lawrence Erlbaum Associates. Publishers.
Ernst Klett Verlag GmbH. Stuttgart (2007). Text Analysis: B Non-Fictional Texts & C Fiction Texts. Retrieved on 8/June/201-l. 08:56 pm. from www.klett.de.
Gorjian, Balunan . (2012). The Effective strategies for developing reading
comprehension among primary students: Males and females. Journal of
Comparative Literature and Culture (JCLe)
Holten. (2011).Teaching Literature and Reading Performances: a Possible
Relation. Danish School of Education. Aarhus University. Denmark.
Publised Journal Article.
Liu. Feng. (2010). Reading Abilities and Strategies : A Short Introduction.
International education studies. Retrievedfrom www.ccsnet.org/ies.
Pikulski, 1. J (2002). Readability Houhton Mifllin Company:USA. Retrieved on 9/7/2014.9:34 pm. from: www.eduplace.comlstatelauthorlpikulski.pdf
Sulaeman. (2011). The Relationship Between Literature In English And
Performance In Reading Comprehension Sub-Skills A Study Of Senior
Secondary Schools Students In Minjibir Education Zone Of Kano State,
Nigeria, Afrika.Published International Dissertation.
Veltkamp, M&P. Matthijs, B, M. (2013). How Does Fiction Reading Influence Empathy? An Experimental Investigation on the Role of Emotional Transportation. Research Article
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/lughah.v3i1.704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :