Komunikasi Interpersonal Pustakawan dengan Pemustaka di Layanan Sirkulasi UPT Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komunikasi interpersonal antara pustakawan dan pemustaka di layanan sirkulasi UPT Perpustakaan UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal memiliki lima dimensi utama: keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Pustakawan secara umum telah menunjukkan sikap keterbukaan dalam memberikan informasi dan solusi, empati terhadap kebutuhan pemustaka, serta sikap mendukung melalui fleksibilitas layanan. Sikap positif dan kesetaraan juga dirasakan pemustaka, meskipun beberapa kendala komunikasi masih perlu ditingkatkan. Temuan ini menegaskan bahwa komunikasi interpersonal yang baik berkontribusi pada kualitas layanan perpustakaan, kepuasan pemustaka, dan penguatan citra perpustakaan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan keterampilan komunikasi pustakawan untuk meningkatkan pengalaman pemustaka di layanan sirkulasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulkarim Abdullahi, Margaret A. Amao, Umar Abubakar, and Muhammad Murtala Ibrahim. “Information Literacy Skills of Librarians and Service Delivery in the 21st Century.” African Journal of Humanities and Contemporary Education Research 15, no. 1 (2024): 390–98. https://doi.org/10.62154/twqmk778.
Agustinova, Danu Eko. Memahami Metode Penelitian Kualitatif (Teori & Praktik). 1st ed. Yogyakarta: Calpilus, 2015.
Anas Azhar, Anang, Muslih Fathurrahman, and Hidayani Syafitri Harahap. “International Journal of Cultural and Social Science Librarian Interpersonal Communication At The Digital Reading Corner In Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Pemerintah Kab. Labuhan Batu.” Ijcss 3, no. 1 (2022): 64–69.
Anyim, Wisdom O. “Application of Interpersonal Communication in Reference and Information Services in University Libraries.” Library Philosophy and Practice, 2018.
Bella, Elsa Listia, Anis Masruri, Bagas Aldi Pratama, and Hati Murdani. “Urgensi Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Melayani Pemustaka.” Librarium: Library and Information Science Journal 1, no. 2 (2024): 70–78. https://doi.org/https://doi.org/10.53088/librarium.v1i2.863.
Galih, Hadyan Aldio, and Kiki Fauziah. “Komunikasi Interpersonal Pustakawan Bagian Layanan Sirkulasi Perpustakaan Umum Kota Depok.” Paradigma, Jurnal Kajian Budaya 9, no. 1 (2019): 30. https://doi.org/10.17510/paradigma.v9i1.223.
Husna, Rahima, Restiana Restiana, Putri Lestari, Adha Rahimi, and Kartini Kartini. “Application of Librarian Profession Interpersonal Communication in Influencing Library Existence.” Jurnal ISO: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora 2, no. 1 (2022): 109–16. https://doi.org/10.53697/iso.v2i1.707.
Kasrah, Rini, Sidartha Adi Gautama, Resdhi Wibawa, Rina Manggalani, and Widiyanto. “Communication Competency: The Impact of Interpersonal Communication on Student’s Learning Activities.” Journal of Communication, Religious, and Social Sciences (JoCRSS) 1, no. 1 (2023): 24–34. https://doi.org/10.60046/jocrss.v1i1.9.
Kesuma, Mezan El-Khaeri, Irva Yunita, Jaka Fitra, Nadya Amalia Sholiha, and Herlini Oktaria. “PENERAPAN SLiMS PADA LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI.” AL Maktabah 6, no. 2 (2021): 103. https://doi.org/10.29300/mkt.v6i2.5148.
Krismayani, Ika. “Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pustakawan (Studi Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung).” Anuva 1, no. 2 (2017): 133. https://doi.org/10.14710/anuva.1.2.133-138.
Latifah, Nor. “Perpustakaan Sebagai Sentral Servis Benih (Sumber) Informasi.” Nusantara - Journal of Information and Library Studies 1, no. 2 (2018): 129. https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.369.
Marsih, Leni, Ernita Arif, and Sarmiati Sarmiati. “Urgensi Komunikasi Interpersonal Pustakawan Terhadap Pelayanan Peminjaman Koleksi Perpustakaan Universitas Andalas.” Ensiklopedia of Journal 4, no. 4 (2022): 323–29. https://doi.org/10.33559/eoj.v4i4.1198.
Mustofa, Muhamad Bisri, Siti Wuryan, and Rosidi. “Urgensi Komunikasi Interpersonal Dalam Al-Qur’an Sebagai Pustakawan.” Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan 11, no. 2 (2020): 85–94. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i2.2544.
Nurcahyadi, Iyut. “Efektivitas Komunikasi Pustakawan Dengan Pemustaka Pada Layanan Unggah Mandiri Di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.” ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan 2, no. 2 (2022): 71–79. https://doi.org/10.24821/jap.v2i2.6981.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2015. https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/120.pdf.
Ramadhona, Tashia, and Shinta Nofita Sari. “User Satisfaction With Mobile Library Services in Padang City: The Influence of Librarian Interpersonal Communication,” 2024, 27–36.
Rinaldo, Sari; Marajari M. “Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dengan Pemustaka PADA Layanan Sirkulasi Perpustakaan Universitas Sari Indonesia.” Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi 3 (2019): 36–48. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/1108.
Risparyanto, Anton. “Pengaruh Kualitas Layanan Pustakawan Terhadap Loyalitas Pemustaka Dengan Variabel Intervening Kepuasan Pemustaka.” UNILIB : Jurnal Perpustakaan 8, no. 1 (2017). https://doi.org/10.20885/unilib.vol8.iss1.art5.
Umar, Abdullah; Setyadji Veronika. “Analisis Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dengan Pemustaka Dengan Pengunjung Di Bagian Pelayanan Sirkulasi Perpustakaan Universitas Indonesia.” Jurnal Inovasi Global 2, no. 3 (2024): 1478–93. https://doi.org/https://doi.org/10.58344/jig.v2i10.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v10i1.6932
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :



