MOBILE REFERENCE SERVICE: PELUANG DAN TANTANGAN BAGI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Sahidi Sahidi

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengeksplorasi layanan referensi seluler masa kini dengan pendekatan konseptual. Salah satu bentuk layanan referensi virtual adalah layanan referensi seluler, layanan referensi yang disajikan kepada pengguna untuk mengakses berbagai referensi atau koleksi di perpustakaan tanpa secara fisik dengan perpustakaan dan pustakawan. Tujuan akhir dari media layanan ini diharapkan untuk berkembang menjadi Pusat Referensi Multi-Akses, yang mampu menjawab berbagai pertanyaan komunitas secara online melalui layanan referensi seluler, terutama bagi mahasiswa yang memiliki pendidikan jarak jauh. Dalam mengembangkan program ini, pihak terkait diharapkan menyiapkan sumber daya yang ada seperti teknologi canggih dan pustakawan yang andal dalam menerapkan teknologi informasi. Penerapan layanan referensi seluler juga merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh perpustakaan dan pustakawan. Perpustakaan dihadapkan dengan ketergantungan pada teknologi canggih dalam mengelola sistem yang ada, sistem akses ke pusat layanan, layanan pemeliharaan informasi, kecepatan transmisi jaringan, fungsi basis data dan waktu respons yang sesuai, keterampilan dalam menggunakan teknologi, dan dukungan teknis yang kuat dalam memastikan layanan ini disediakan berhasil dan tepat waktu. Pustakawan juga harus ekstra, mengingat karya pustakawan Indonesia yang masih diklasifikasikan sebagai generasi digital imigran

Keywords


Layanan referensi selulur, peluang, tantangan

Full Text:

PDF

References


Abels, Eileen et all. 2003. Competencies for Information Professional of the 21st Century:

Revised edition, June 2003. 5 November,

http://www.sla.org/content/learn/members/competencies/index.cfmdiakses tanggal 15 Desember 2014 pukul 12.30 wib

Basuki, Sulistyo.1991. Pengantar Ilmu Perpustaakaan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Batubara, Loly. 2010. Annalisis Layanan Referensi di Perpustakaan, Fakultas Kesehatan

Mayarakat Universitas Indonesia.http/leuwiling-bogor.blogsot.com/2010/06/analisislayanan-referensi-di html diakses tanggal 24

November 2014 pukul 13.00 wib.

Buxbaum, Shari (editor). 2004. Library Services: Perpustakaan Virtual untuk Kuliah Bisnis

Sistem Jarak Jauh Tren yangberkembang saat

ini, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Donghua, Tao,dkk. 2009. The Mobile Reference

Service. Med Lib Assoc97 January.

http://www.sla.org/content/learn/members/competencies/index.cfmakses tanggal 15 Desember 2014 pukul 12.30 wib

Kern, M. Kathleen. 2009. Virtual Reference Best

Practices:tailoring serivices to your library,

Chicago: ALA.

Kotler, Philip.2012. Principles of marketing (14th

ed.). New Jersey: Pearson Education.

Pertiwi, Risma Intani, Pemanfaatan layanan referensi di Era Informasi dalam www.academia.

edu./9589347/ akses tanggal 15 Desember

pukul 10.20 wib.

Rahayu, Lisda dan Angraini Kiemas, Ramatun.

Pelayanan Bahan Pustaka. Banten:

Universitas Terbuka.

Rahayuningsih, F.2007. Pengelolaan Perpustakaan.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Reference and User Services Association. (2008,

Januari 14) Definitions of Reference. April

, 2012. http://www.ala.org/rusa/resources/

guidelines/definitionsreference akses tanggal

November 2014 pukul 13.00 wib.

Widyawan, Rosa.2012. Pelayanan Refrensi Berawal dari Senyuman. Bandung: CV Bahtera

Ilmu.

Yamazaki, H. 2006. Changing society, role of information professionals and strategy for libraries. World Library and Information Congres:

nd IFLA General Conference and Council,

Seoul Korea.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v4i2.4040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors