Tingkat Literasi Informasi dan Literasi Akademik Pada Mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Tahun Ajaran 2022/2023

Valisneria Utami, Muhammad Yusrizal

Abstract


Mahasiswa memiliki peran tidak hanya sebagai pembelajar namun juga sebagai penggerak perubahan dan kontrol sosial dalam masyarakat. Peran ini menuntut mahasiswa untuk menguasai berbagai kemampuan, termasuk literasi informasi dan literasi ilmiah. Kajian terdahulu mengindikasikan adanya kebutuhan mendesak untuk menggali lebih dalam mengenai literasi informasi dan ilmiah di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mendalam mengenai tingkat literasi informasi dan ilmiah di kalangan mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Desain penelitian ini adalah mix-method dengan menggabungkan data dari kuesioner, focus group discussion, dan tes essay. Responden penelitian ini terdiri dari berbagai tingkatan semester dengan total responden berjumlah 80 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman literasi informasi dan literasi ilmiah mahasiswa perlu lebih ditingkatkan terutama dalam hal pengaplikasian pengetahuan dalam kegiatan menulis ilmiah.

Keywords


literasi informasi, literasi ilmiah, berpikir kritis, mahasiswa PTKN.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Aulia, V., & Kuzairi, K. (2021). Keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam menulis esai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 350-359.

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, pp. 1-12).

Lasa Hs. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Patel, D. (2017). 8 Ways Generation Z Will Different From Millennials In The Workplace: https://www.forbes.com/sites/deeppatel/2017/09/21/8-ways-generation-z-will-differ-frommillennials-in-the-workplace/#34bc140b76e5.

Rahmawati, N. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Dengan Pembentukan ILC (Information Literacy Class) Online Di UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta. Buletin Perpustakaan, 4(1), 93-102.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Wulandari. (2011). Materi Pokok Dasar-Dasar Informasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yusup, P. dan Subekti. P. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi. Jakarta: Kencana.

Ati, S. (2014). Materi Pokok Dasar-Dasar Informasi 1-6. Tanggerang Selatan. Universitas Terbuka.

Baskoro, D. G. (2022). Dampak Pelatihan Literasi Informasi Pada Persepsi Mahasiswa Terhadap Plagiarisme. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 10(2), 205-230.

Bencsik, A., Csikos, G., & Juhaz, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

Bohang, F. K. (2018, 2 22). Berapa Jumlah Pengguna Internet Indonesia? Retrieved 07 29, 2019, from KOMPAS.com:https://tekno.kompas.com/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internetindonesia

Hinduan, Z.r., M.I. Agia, dan S. Kholiq. (2017). Generation Z in Indonesia: Psychological Capital, Work Value, and Learning Style. Universitas Padjadjaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v9i1.3738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors