Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sentot Ali Basya Ja’al Haq Kota Bengkulu

Falahun Ni'am, Muhammad Hidayaturrahman, Nur Hidayat

Abstract


Pendidikan literasi merupakan hal yang perlu diperhatikan di dalam semua sektor pendidikan, karena dengan kemampuan literasi yang baik akan menumbuhkan sikap selektif dan hati-hati dalam menerima sebuah informasi. Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang tertua di Indonesia yang menanamkan pendidikan literasi yang berpegang teguh pada kejelasan sanad keilmuan. Karakteristik pesantren tersebut membuat penulis ingin meneliti dan membahas tentang pendidikan literasi yang ada pada salah satu pondok pesantren di kota Bengkulu yaitu pondok pesantren Sentot Ali Basya Ja’al Haq. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian berupa studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendidikan literasi pada pondok pesantren Sentot Ali Basya Ja’al Haq terlihat pada proses pembelajaran dengan menggunakan beberapa metode yang fokus pada literasi yang kuat, yang berupa: Maknani (Tarjamah Harfiyah), Sorogan, Bandongan/Wetonan, dan Musyawarah (diskusi).

Keywords


Pendidikan Literasi, Pesantren, Sentot Ali Basya

Full Text:

PDF

References


Faizal Bachrong. “Pembelajaran Kitab Kuning

Di Pondok Pesantren Hidayatullah Ternate.”

INTAJ : Jurnal Penelitian Ilmiah 3, no. 1

(2019): 59–80. https://doi.org/10.35897/intaj.v3i1.184.

Fitriyah, Lailatul, Marlina Marlina, and Suryani

Suryani. “Pendidikan Literasi Pada Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja.” Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences 11, no. 1 (2019): 20–30.

https://doi.org/10.30599/jti.v11i1.351.

Hanifah, Umi. “Pengembangan Literasi Berbicara

Bahasa Arab (Maharat Al-Kalam) Di Madrasah Ibtidaiyah (MI).” Elementary: Islamic

Teacher Journal 6, no. 2 (2018): 206–26. Teacher Journal 6, no. 2 (2018): 206–26.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4383.

Hariyanto, Nur, Falahun Ni’am, and M Zikri. “̣̪Ǫ̸̉

ː̪̀Ҡ˷ҟǪ ː̄˷̸˕ Ȕ ߼Ǫ ǫ˲̜Ǫ ː˷ǵ˰߼Դ ̬̪˅˜ ȓ ̤Ǫ ̘˾̤Ǫːˋ Ȑ ̧̤̄ Ȅߕ̤Ǫ ǭǵ˅у̪ ߆ ۮ̧̋˕̤ԵԴ̸̋˽

.(2021) 5 Imtiyaz” .Ǫ߼˕ߑ̪ߧˈ̰ˣ̸̸̢̤

Hidayaturrahman, M, and Muhamad Muhzil Zusro. “ˇ̰ˣ̸̡̤ȇ˘˩̧̤̾ ҡ˅˯̃ǪǤ̘̻˅˸ ȓ ˩ˬdz˅̪ǽҠ̪ԵҠ˒˲̝̪̘̻̀Ҡˍ˧̸˙Ҡ̊ٴ̻ǭ

ȃ˰љ̧̂ˈǭ̛˸̪ǰ̤̈ȉȄҠ̧̎ǭҠ̊ٴ̻ǭǬҠˡࠇ̉ǭҟ˅˷Ҡ؈ǭҠ˪̸̡؈ǭ Ȕ , no.

(n.d.).

Musthafa, Muhammad Arif. “Ǫ߳˅̪ǭ߆Է˰̢̲ Ȕ ̿˸̼ǪǙ̞ќ̻̣̎ǭ߁˰̪ǭ

Ǫ߲˸˖˭˰̪ǭ߆ҠˈҟdzǪҠȔ ˷Ҡ؈ǭ|̞љ˱̵Ҡ̧̎ǭˑ̸̠̙˅Ȕ̙Ҡ̧̎ǭҠ̊ٴ̻ǭؼ˅Ȕ˨߱Ҡ̧̎ǭǪҢˤ̲ ȓ ˌ̻ǭ

ȂǪ߲̊Ըdz ǪҠȔ ˷Ҡ؈ǭ Ȑ Ǯ˅̰ˈ ҟdz˲̢˷ ǪҢ˭˲̤ Ǚ Ȃ ȓ ȓ

ˆ˾ˋ֡Ҡ˞̜˅̙ǭ ǪҠȔ ˷Ҡ؈ǭ ߶̎ǭ ǪҠ˕˽Ǫ

̣؈ǭ|Ȃ˅ˋ̧̰̑˸ˉǭ˅Ȕќ̤˱ߚǙȓ

ˆ̙dzݼǪȓ

ˆ˷˅˸̼Ǫ߆Ǫ߱dzǪݼ, no. 1 (n.d.).

Mutmainah, Fatimah Azzahra. “Pemikiran a.

Chaedar Alwasilah Tentang Pendekatan Literasi (Genre-Based Approach) Dan Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Al Bayan: Jurnal

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 10, no. 01

(2018). https://doi.org/ 10.24042/ albayan.

v10i01. 2599.

Rasikh, ARr. “Pembelajaran Kitab Kuning Pada

Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy DESA

Sesela Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal

Penelitian Keislaman 14, no. 1 (2018): 71–

Rasyidin, Al. “Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Musthafawiyah, Mandailing Natal.”

Journal of Contemporary Islam and Muslim

Societies 1, no. 1 (2017): 41–67. https://doi.

org/10.30821/jcims.v1i1.324.

Ridlowi, Achmad. “Implementasi Dan Problematika Pembelajaran Kitab Kuning Dengan Arab

Pegon ( Studi Di Ponpes Al-Falah Karangrejo Pacitan ).” Jurnal Studi Agama Islam 11

(2018): 28–44.

Syafi’i, Ahmad Helwani. “Pembelajaran Kitab

Kuning Di Pondok Pesantren Khusus AlHalimy Sesela.” Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI

, no. 2 (2020): 40–49.

Syahlan, Taslim, Ali Imran, Laila Ngindana Zulfa,

and as Shobirin Ma. “Pendampingan Santri

Untuk Membangun Tradisi Literasi Di Pondok Pesantren Al-Mubarok Mranggen Demak.” Dimas 19 (2019): 49–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v6i2.2898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors