Implementasi Turnitin Untuk Memaksimalkan Orisinalitas Karya Ilmiah Di Jurusan Aqidah Fisafat Islam Iain Tulungagung

Lia Umaroh, Teguh Teguh

Abstract


Implementasi turnitin belum bisa memaksimalkan orisinalitas karya ilmiah mahasiswa Akidah Filsafat Islam. Masih ditemukan beberapa karya dengan tingkat similarity tinggi meskipun sudah dilakukan sering dilakukan pelatihan kepenulisan dan pengecekan karya dengan turnitin. Penelitian ini bertujuan menjelaskan implementasi turnitin untuk memaksimalkan orisinalitas karya ilmiah di jurusan Akidah Filsafat Islam IAIN Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dimulai dari observasi partisipan pencarian dokumen hingga wawancara secara mendalam. Pada tahap analisis data penulis melakukan tiga tahapan yang meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada tahap formulasi perpustakaan pusat IAIN Tulungagung juga memiliki peran penting dalam pemberian pelatihan turnitin. Kemudian tahap pelaksanaan akses turnitin didapatkan secara langsung dari perpustakaan dan hanya ada seorang instruktor saja tanpa adanya sebuah kelas student dalam akses turnitin. Sedangkan tahap evaluasi disebutkan masih adanya mahasiswa yang karyanya memiliki jumlah similarity yang masih tinggi meskipun sudah diadakan beragam pelatihan menulis.

Keywords


Implementasi Turnitin, Orisinalitas, Plagiarisme, Skripsi.

Full Text:

PDF

References


Akdon. (2007). Strategic Management for Educations Management (Manajemen Strategi

Untuk Manajemen Pendidikan). Bandung:

Alfabeta.

Anam, Khairul. (2017). “Tutorial Cek Plagiasi

Dengan Turnitin.”

Andayani, Ulpah. (2017). “Penggunaan Software

Turn It In Untuk Mendeteksi Tindakan Plagiarisme,” 33–40. http://journal.uinjkt.ac.id.

Baker, Russell K, Barry Thornton, and Michael

Adams. 2008. “An Evaluation Of The Effectiveness Of Turnitin.Com As A Tool For Reducing Plagiarism In Graduate Student Term

Papers” 4 (9): 1–4.

Islam, Direktur Jenderal Pendidikan. (2017).

“Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan

Islam Nomor 7142 Tahun 2017 Tentang

Pencegahan Plagiarism Di Perguruan Tinggi

Keagamaan Islam.”

Kepegawaian, Badan. (2015). “Pedoman Penyusunan Karya Tulis/ Karya Ilmiah Assessor

Sumber Daya Manusia Aparatur.”

Machali, A Hidayat dan I. (2010). Pengelolan

Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa.

Manunggal, Yonathan Cahyo, Lydia Christiani,

Program Studi, S- Perpustakaan, Fakultas

Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Jl Prof

Soedarto, Kampus Undip Tembalang, and

Dian Nuswantoro. (2018). “Pemanfaatan

Sistem Deteksi Plagiarisme Menggunakan

Turnitin ® Pada Jurnal Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro.” https://ejournal3.

undip.ac.id.

Mulyasa, E. (2009). Implementasi Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian

Guru Dan Kepala SEkolah. Jakarta: PT. Bumi

Aksara.

Pambayun, Kuncoro G. (2018). “Menganalisa Hasil Pemeriksaan Turnitin Untuk Dosen

Pembimbing LA/Skripsi Praja IPDN.” In .

Jawa Barat: Pusat Perpustakaan IPDN Jatinangor. http://lib.pdn.ac.id.

Prabowo, Aan. (2018). “Peran Pustakawan Dalam Literasi Layanan Turnitin Kepada Pemustaka Di Universitas Dian Nuswantoro” 6

(2): 419–38. https://ejournal3.undip.ac.id.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan Dan Sistem

Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Persada Media Group.

Sinaga, Steven Yehezkiel. (2019). “Penggunaan

Aplikasi Turnitin Sebagai Sarana Cek Plagiarisme Dalam Layanan Perpustakaan Universitas Ukrida” 2: 123–31. http://journal2.

um.ac.id.

Turnitin LCC. (2018)a. “The Effectiveness of Turnitin in Higher Education,.” http://go.turnitin.

com/paper/effectiveness-turnitin-higher-educations.

———. (2018)b. “Turnitin.” www. Turnitin. com.

Usman, Nurudin. (2002). Konteks Implementasi

Berbasis Kurikulum. Jakarta: Teras.

Wheelen, Thomas L dan J David, Hunger.

(2012). Strategik Management and Bussiness

Policy Achieving Sustainability. Ed. 9. Prentice Hall.

Yulis, Rama. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v6i1.2879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors