Peningkatan Kompetensi Melalui Program Magang (Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya)

Hary Supriyanto, Evy Luailik

Abstract


Ada dua tujuan yang ingin diketahui dalam penelitian ini, yakni uraian tugas mahasiswa magang dan mengetahui bagaimana tingkat kompetensi mahasiswa magang di Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitif dengan pendekatan studi kasus, yakni memfokuskan pada fenomena yang terjadi, baik individu maupun kelompok pada waktu, tempat, dan perilaku dengan menggunakan angka-angka dalam penyajia data dan analisisnya. Kesimpulan yang diperoleh adalah 1) setiap mahasiswa yang terlibat dalam program magang diberikan tugas dan beban kerja pada setiap bagian/layanan yang ada di perpustakaan secara bergiliran sesuai jadwal yang telah ditentukan, seperti sirkulasi, administrasi, teknis/pengolahan, repository, koleksi umum, koleksi tandon dan serial, koleksi referensi. 2) tingkat kompetensi mahasiswa magang memiliki kategori tinggi berdasarkan hasil analisis rumus persentase yang mencapai 97%. Hasil ini berdasarkan data kuesioner berbasis unsur kompetensi seperti kepribadian, professional, dan sosial. Data kuesioner diperkuat dengan adanya data observasi yang menyatakan ada dua hal yang menjadi pendukung tingginya kompetensi mahasiswa magang, yakni internal dan eksternal. Internal Faktor internal meliputi keinginan memperoleh nilai terbaik, inisiatif bertanya jika terjadi kendala dalam bekerja, keinginan memperoleh pengalaman kerja, proses adaptasi yang baik dengan lingkungan. Sedangkan faktor eksternal diantaranya adalah adanya dukungan penuh dari karyawan, transaparansi jadwal magang, detail uraian kerja, dan pemberlakuan absensi kehadiran setiap hari untuk kedisiplinan.

Keywords


Perpustakaan; Magang; Kompetensi Kerja

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. 2014. Analisa dan Perancangan

Sistem Informasi Praktek kerja

Lapangan pada Instansi/Perusahaan

(Jurnal Simetris Vol. 5 No. 1), 49-

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu

Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka

Cipta).

Azwar, E. 2019. Program pengalaman

Lapangan (Magang) terhadap

Kepercayaan Diri Mahasiswa

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan

Rekreasi (Jurnal Penjaskesrek Vol. 6

No. 2), 211-221.

Choliq, A. 2021. Pentingnya Kompetensi

Manajerial di Dalam Unit Organisasi

dalam

https://www.djkn.kemenkeu.go.i

d/kpknl-palu/bacaartikel/13713/PentingnyaKompetensi-Manajerial-Di-DalamUnit-Organisasi.html.

Dwiputra, R. 2021. Pengertian, Manfaat, dan

Tips Magang dalam

https://bbs.binus.ac.id/gbm/2021

/07/08/pengertian-manfaat-dantips-magang/.

Effrisanti, Y. 2015. Pembelajaran Berbasis

Proyek melalui Proram Magang

sebagai Upaya Peningkatan Soft Skills

Mahasiswa (Jurnal Eksis Vol. 10 No.

, 28-41.

Faturohmah, T.N. dan Mayesti, N. 2021.

Paradigma Baru Kompetensi

Arsiparis dalam Menghadapi Era

Digital (Al Maktabah Vol. 6 No. 2),

-128.

Gohae, A. S. 2020. Pengalaman Magang,

Minat Kerja, dan Pengaruhnya

terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa

Akuntansi (JIMEA Vol. 4 No. 3),

-1964.

Hutapea, P dan Thoha N. 2008. Kompetensi

Plus (Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama).

Ismail, Hasan, dan Musdalifah. 2018.

Pengembangan Kompetensi Mahasiswa

melalui Efektifitas Program Magang

kependidikan (Edumaspul: Jurnal

pendidikan Vol. 2 No. 1), 124-132.

KBBI Edisi Kelima Aplikasi Luring Resmi

Badan Pengembangan Bahasa dan

Perbukuan Kemendikbud RI.

Kunandar. 2010. Guru Profesional:

Implementasi Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP) dan

Sukses dalam Sertifikasi Guru

(Jakarta: Rajawali Pers).

Lie, N.L.C dan Noviaty K.D. 2017. Pengaruh

Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja

Menghadapi Masyarakat Ekonomi

Asean pada Mahasiswa S1 Fakultas

Bisnis dan Ekonomika Universitas

Surabaya (Calyptra: Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Universitas Surabaya

Vol. 6 No. 2), 1496-1514.

Mairizal. 2018. Peranan Kepala Sekolah dalam

Meningkatkan Kompetensi

Profesional Guru di SMA Negeri 1

Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi

(Jurnal Pendidikan Tambusai Vol.

, No. 1), 14-24.

Noor, J. 2012. Metodologi Penelitian: Skripsi,

Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah

(Jakarta: Kencana Prenada Media

Group).

Panduan Pendidikan 2016/2017 Program

Diploma III Teknisi Perpustakaan

Universitas Airlanggan Fakultas

Vokasi.

Pedoman Praktek Kerja Lapangan. 2014.

(Surabaya, prodi S1 Statistika

Fakultas Saintek UNAIR)

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia

Nomor 57 Tahun 2021 tentang

Standar Nasional Pendidikan

(Jakarta, 2021).

Pitoko, R.A. 2021. 6 Tips memilih Tempat

Magang yang Tepat Untukmu dalam

https://www.idntimes.com/busin

ess/economy/ridwan-aji-pitoko1/6-tips-memilih-tempat-magangyang-tepat-untukmu/6.

Prastowo, A. 2018. Memahami metode-Metode

Penelitian: Suatu Tinjauan teoritis

dan Praktis (Yogyakarta, Ar Ruzz

Media).

Rapika, S dan Anggri P.S. 2017. Pengaruh

Kepribadian dan Kemampuan

Intelektual Terhadap Kompetensi

Guru di SMKN 3 Kota Bengkulu

(Management Insight: Jurnal

ilmiah Manajemen Vol. 12 No. 2),

-76.

Sanjaya, W. 2010. Penelitian Tindakan Kelas

(Jakarta: Prenada Media).

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian

Kualitatif: Dilengkapi Contoh

Proposal dan Laporan Penelitian.

(Bandung: Alfabeta)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi

(Mix Methods). (Bandung:

Alfabeta).

Thoyyibah, R.H. 2015. Standart Kompetensi

Pustakawan Perpustakaan Perguruan

Tinggi Negeri Se Surabaya: Studi

Deskriptif Kompetensi Pustakawan

Perpustakaan Perguruan Tinggi

Negeri berdasarkan Standart

Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

di bidang Perpustakaan (Libri-Net

Vol. 4 No. 2), 1-16.

Wahid, A. 2015. Konsep dan tujuan Pendidikan

Islam (Istiqra' Vol. 3 No. 1), hal. 18-

Wijayanto, A., Hubeis, M., Affandi, M.J., &

Hermawan, A. 2011. Faktor-faktor

yang Mempengaruhi Kompetensi

Kerja Karyawan (Manajemen IKM

Vol. 6 No. 2), 81-87.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v7i1.2731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors