Efektivitas Kegiatan User Education Bagi Mahasiswa Baru UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Tahun Ajaran Akademik 2023
Abstract
User education atau pendidikan pengguna adalah inisiatif yang diselenggarakan oleh perpustakaan untuk memberikan bimbingan dan pembelajaran kepada pengguna perpustakaan sehingga mereka dapat menggunakan layanan dan fasilitas informasi perpustakaan secara efektif dan efisien. Kegiatan user education atau pendidikan pengguna, juga dikenal sebagai pendidikan pengguna atau panduan pengguna, merupakan panduan yang diberikan langsung oleh perpustakaan kepada pengguna untuk memastikan penggunaan fasilitas yang tepat dan sesuai dengan prosedur yang titetapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nagaimana efektivitas kegiatan user education yang diselenggarakan oleh UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan terhadap mahasiswa baru UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, dengan cara penyebaran kuesioner kepada mahasiswa baru UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Model kuesioner yang digunakan merupakan kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan yaitu sejumlah 75%. Nilai rata-rata tersebut berada pada rentang 66%-79%, yang berarti sebagian besar mahasiswa baru UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu menerapkan apa yang didapatkan didalam kegiatan user education, dan berdasarkan penjelasan diatas maka Efektivitas Kegiatan User Education Bagi Mahasiswa Baru UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Tahun Ajaran Akademik 2023 dapat dikatakan efektif dikarenakan sebagian besar menerapkannya didunia perkuliahan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldy, Gyan Dinasta. “Efektivitas Pendidikan Pemakai (User Education) Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Bagi Mahasiswa Di UIN Raden Intan Lampung.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3, no. 1 (2018): 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Ardianingsih, Febrita. “Motivasi Siswa Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah Pada Sekolah Dasar (SD) Di Tulungagung (Studi Deskriptif Tentang Motivasi Siswa Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah Pada SD Negeri 1 Kampung Dalem, SD Negeri 1 Moyoketen, Dan SD Islam Al-Badar Tul,” 2016. https://repository.unair.ac.id/54931/13/FEBRITA ARDIANINGSIH-min.pdf.
Febrianti, Beta Ria. “Pendidikan Pemakai (User Education) Bagi Mahasiswa Baru Di Perpustakaan Universitas Sriwijaya.” Jurnal Kepustakawanan Dan Masyarakat Membaca 35, no. 1 (2019): 015–022.
Izzah, Dwi Khusniatul. “Efektivitas Program Pendidikan Pengguna (User Education ) Di Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Bagi Kalangan Mahasiswa Tingkat Akhir,” n.d., 1–17. https://repository.unair.ac.id/92304/4/FIS IIP 88 19 Izz e JURNAL - Dwi Khusniatul Izzah - 071511633030.pdf.
Kirkpatrick. Evaluating Training Programs. New York: American Management Association., 1959.
Nurfida, E. “Efektivitas Program Pendidikan Pengguna Di Pusat Perpustakaan UIN Ar-Raniry Dan Pengaruhnya Terhadap Pengetahuan Akses Informasi Mahasiswa Baru S-1 Ilmu Perpustakaan Tahun Akademik 2014/2015,” 2016.
Pradhika, Grantino One. “Pengaruh Pendidikan Pengguna (User Education) Terhadap Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Suakarta,” n.d. https://repository.unair.ac.id/92304/4/FIS IIP 88 19 Izz e JURNAL - Dwi Khusniatul Izzah - 071511633030.pdf.
priyanto. “Efektivitas Pelaksanaan Bimbingan Pemustaka Terhadap Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 10, no. 1 (2022): 49–74. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/13128.
Sudijono, A. “Pengantar Evaluasi Pendidikan (13th Ed.).” PT Raja Grasindo Persada., 2013.
Suhaeni, Heni. “Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.” Repository.Uinjkt.Ac.Id, 2014. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29873.
Yulinar. “Teknologi Informasi Perpustakaan,” 2007. file:///C:/Users/user/Downloads/39-76-1-SM.pdf.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v9i1.2672
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed By :