Analisis Pemanfaatan Literasi Digital Sebagai Sarana Diseminasi Informasi Perpustakaan di Masa Pandemi Covid-19

Hary Supriyanto

Abstract


Pandemi Covid-19 telah merubah kultur akses informasi oleh masyarakat. Perubahan dari onsite menjadi online dalam pemanfaatan koleksi dan layanan perpustakaan merupakan dampak dari social distancing sesuai regulasi pemerintah. Media digital menjadi pilihan sebagai sarana diseminasi informasi dalam optimalisasi pemanfaatan perpustakaan bagi masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan kegiatan Virtual Library Class (VLC) sebagai sarana literasi digital di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif, yakni menggunakan kata-kata dalam menyajikan data dan analisa dengan menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi dalam pengambilan data berdasarkan empat unsur, yakni ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Hasil analisa menyimpulkan bahwa VLC efektif sebagai sarana diseminasi informasi di masa pandemi Covid-19 berdasarkan: 1) peserta sesuai dengan target karena berasal dari sivitas akademika dan masyarakat umum sehingga jangkauan kemanfaatan kegiatan menjadi lebih luas. Tema layanan dan koleksi serta prosedur pemanfaatannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 2) sosialisasi program berjalan dengan baik karena memanfaatkan media sosial dan relasi pribadi. 3) tujuan kegiatan tercapai, yakni memberikan bekal pengetahuan tentang sumber referensi online dan pengetahuan tentang layanan dan koleksi yang tersedia di perpustakaan. 4) Pemantauan program dilakukan dengan adanya penyampaian informasi penting selama kegiatan, seperti media sosial, website, layanan dan koleksi, serta link daftar hadir peserta.

Keywords


Virtual Library Class, Literasi Digital, Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Ak, Lestari. “Literasi Digital Sebagai

Penangkal Infodemi Covid-19 :

Sebuah Literature Review.” LIBRIA

, no. 1 (June 1, 2021).

https://doi.org/10.22373/10967.

Anggraeni, Helena. “Penguatan Blended

Learning Berbasis Literasi Digital

dalam Menghadapi Era Revolusi

Industri 4.0.” Al-Idarah : Jurnal

Kependidikan Islam 9, no. 2 (2019):

–203.

https://doi.org/10.24042/alidarah.v

i2.5168.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian:

Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta, 2013.

Budiani, Ni Wayan. “Efektivitas Program

Penanggulangan Pengangguran

Karang Taruna „Eka Taruna Bhakti‟

Desa Sumerta Kelod Kecamatan

Denpasar Timur Kota Denpasar |

Input Jurnal Ekonomi Dan Sosial.”

INPUT Jurnal Ekonomi Dan Sosial 2,

no. 1 (2009): 49–57.

Meilani, Meilani. “Berbudaya Melalui

Media Digital.” Humaniora 5, no. 2

(October 30, 2014): 1009–14.

https://doi.org/10.21512/humanior

a.v5i2.3210.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian:

Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya

Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group, 2012.

Nurdin, Ali. Perencanaan Pendidikan Sebagai

Fungsi Manajemen. Depok: Rajawali

Press, 2019.

Nurhayati, Eti Sri, Aminah Swarnawati,

Cahyo Wibowo, Eka Indri Widarti,

Ahmad Thufail, and Inasa Ori Sativa.

“Komunikasi Efektif Pimpinan

dalam Mengatasi Konflik

Organisasi.” Metacommunication;

Journal of Communication Studies 7, no.

(March 26, 2022): 84–95.

https://doi.org/10.20527/mc.v7i1.11

Ramadhanti, Dina, Diyan Permata Yanda,

and Emil Yenti. “Peran Perpustakaan

Sebagai Pendukung Pembelajaran

Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid19.” LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan 8,

no. 1 (March 12, 2021): 1–30.

https://doi.org/10.21043/libraria.v8

i1.7948.

“Repository Statistics - Digilib UIN Sunan

Ampel Surabaya.” Accessed January

, 2023.

https://digilib.uinsa.ac.id/cgi/stats

/report.

Restanti, Anisa Sri, Munjiati Munjiati, Utik

Nur Wijayanti, Uswatun Auliyani,

and Saefudin Saefudin. “Analisis

Kepuasan Pemustaka Terhadap

Kualitas Layanan Website

Perpustakaan Di Masa Pandemi

COVID-19.” Berkala Ilmu Perpustakaan

Dan Informasi 19, no. 1 (June 2, 2023):

–38.

https://doi.org/10.22146/bip.v19i1.4

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi:

Mixed Methodes. Bandung: Alfabeta,

Sugiyono, Sugiyono. Memahami Penelitian

Kualitatif: Dilengkapi Contoh Proposal

Dan Laporan Penelitian. bandung:

Alfabeta, 2010.

Supriyanto, Hary. “Strategi Pemanfaatan

Media Sosial Sebagai Sarana Promosi

Perpustakaan: Studi Analisis

Persepsi Pemustaka Tentang

Efektifitas Pemanfaatan Media Sosial

Sebagai Sarana Promosi Layanan

Perpustakaan UIN Sunan Ampel.”

IJAL (Indonesian Journal of Academic

Librarianship) 3, no. 1 (October 31,

: 33–45.

Supriyatno, Hary, and Aries Hamidah.

“KOLEKSI REPOSITORI SEBAGAI

SARANA DISEMINASI INFORMASI

DI MASA PANDEMI: Studi Kasus Di

Perpustakaan UIN Sunan Ampel.”

Shaut Al-Maktabah : Jurnal

Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi

, no. 1 (May 31, 2022): 16–29.

https://doi.org/10.37108/shaut.v14i

651.

Supriyatno, Hary, and Evy Luailik.

“Peningkatan Kompetensi Melalui

Program Magang: Studi Kasus Di

Perpustakaan UIN Sunan Ampel

Surabaya.” Al Maktabah : Jurnal Kajian

Ilmu Dan Perpustakaan 7, no. 1 (June

, 2022): 53–69.

https://doi.org/10.29300/mkt.v7i1.6

Sutrisna, I. Putu Gede. “Gerakan Literasi

Digital Pada Masa Pandemi Covid19.” Stilistika : Jurnal Pendidikan

Bahasa Dan Seni 8, no. 2 (2020): 269–

“#virtuallibraryclass Hashtag on Instagram

• Photos and Videos.” Accessed

January 23, 2023.

https://www.instagram.com/explor

e/tags/virtuallibraryclass/.

[VLC 14] Tanya Jawab: Apa Saja Layanan

Online Di

#PerpustakaanUINSA ?Convert &

Download, 2022.

https://www.youtube.com/watch?v

=bUYDMOVTmuw.

Wahyudi, P. Iman Hery. “Pentingnya

Keterampilan Digital Literasi Bagi

Pustakawan.” Khizanah al-Hikmah :

Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan 5, no. 2 (December 13,

: 187–95.

https://doi.org/10.24252/kah.v5i2a6

Wahyuni, Yuli, Rahmita Egilistiani, Geni

Kurniati, and Christy Tisnawijaya.

“Pengayaan Literasi Digital Di Era

Pandemi: Fabel sebagai Materi

Pembentukan Karakter Peserta Didik

di Madrasah Ibtidaiyah Jam‟iyyatul

Khair” 1, no. 1 (March 9, 2021).

https://doi.org/10.32493/.v1i1.9832.

Yujie, Gao. “Intelligent Library Knowledge

Innovation Service System Based on

Multimedia Technology.” Personal

and Ubiquitous Computing 24, no. 3

(June 1, 2020): 333–45.

https://doi.org/10.1007/s00779-019-

-2.

Yulistyanti, Dwi, Naely Farkhatin, and

Dewi Mustari. “Penggunaan Aplikasi

sebagai Media E-Learning Remaja di

Karang Taruna.” JE (Journal of

Empowerment) 2, no. 1 (June 2, 2021):

–100.

https://doi.org/10.35194/je.v2i1.126

Yustikasari, Karisma, Tintien Koerniawati,

and Rudy Latuperissa. “Analisis

Kompetensi Literasi Digital Staf

Perpustakaan O. Notohamidjojo

berdasarkan Teori Mutula dan

Wamukoya.” BIBLIOTIKA : Jurnal

Kajian Perpustakaan dan Informasi 6,

no. 1 (June 24, 2022): 29–42.

https://doi.org/10.17977/um008v6i

p29-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v8i2.2649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors