Kemampuan Literasi Informasi Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Negeri Padang Menggunakan Information Literacy Standars For Higher Education

Fauzan Faula Azaki, Gustina Erlianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi informasi pustakawan di Universitas Negeri Padang dengan standar membaca perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan pengetahuan 5 orang dari Program Studi Perpustakaan dan Informasi tahun 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi pegawai yang menggunakan literasi informasi untuk perguruan tinggi secara umum baik karena sebagian besar mengikuti literasi informasi. Hal ini terlihat dari gambaran penyajiannya, yaitu: (1) Siswa dapat mengenali informasi penting, terlihat bahwa siswa memahami atau mengetahui informasi yang dibutuhkan, (2) Siswa dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan. informasi yang mereka butuhkan dengan baik dan efektif, (3) Siswa dapat menganalisis informasi dan sumber informasi dengan cermat dan dapat memasukkan beberapa informasi ke dalam pengetahuan dan manfaat yang ada, (4) Siswa dapat menggunakan atau memanfaatkan informasi dengan baik. mencapai tujuan tertentu, melalui penelitian, banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan dan menggunakan informasi, (5) Mahasiswa dapat memahami aspek ekonomi, hukum dan sosial dari penggunaan informasi serta memiliki kemampuan untuk mengakses dan menggunakan informasi secara etis dan legal. Ngomongngomong, dari hasil penelitian, mahasiswa sudah memiliki pemahaman yang utuh tentang masalah plagiarisme, mereka tahu bagaimana melaporkan dan menghargai karya orang lain dengan mencari informasi di situs resmi. Penelitian ini harus memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi keterampilan literasi informasi dalam kemampuan untuk mengenali informasi penting di masa depan.

Keywords


literasi informasi, mahasiswa, ACRL, perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Adam. (2009, 10 Maret 2012). Literasi

Informasi.

[http://perpus.umy.ac.id/2009/02/19/liter

asi-informasi/].

Dr. Rukin, S. (2021). Metode Penelitian

Kualitatif Edisi revisi. Surabaya: CV.

Jakad Media Publishing.

Gunawan, A. W. (2008). 7 Langkah Literasi

Informasi : Knowladge Managemen.

Jakarta: Universitas Atmajaya.

Horton, & w, F. (2007). UNESCO Information

of All Programmer:Understanding

Information Literacy. Paris: UNESCO.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

(2011). Standar Nasional Perpustakaan

(SNP). Perguruan Tinggi. Jakarta:

PNRI.

Muin, A. (2013). Information Literacy Skills

Strategi Penelusuran Informasi Online.

Makassar: Alauddin University Press.

Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M. (2017). Metode

Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan

Penelitian Gabungan. Jakarta:

Prenadamedia Group.

Tamaddun. (Desember 2013). Perpustakaan

Sebagai Literasi Informasi Bagi

Pemustaka. Palembang.

Wijetunge, P., & Uditha, A. (2005, 20 Maret

. Empowering 8: the Information

Literacy Model Developed in

SriLanka to Underpin Changing

Education Paradigms of Sri Lanka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v8i1.2533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors