Merdeka Belajar dan Literasi Pengajaran Revolusi Industri 4.0

Suhirman Suhirman

Abstract


Pendidikan adalah pengembangan kemampuan berpikir, bertindak dan hidup sebagai bagian dari masyarakat global. Di era Revolusi 4.0, struktur masyarakat telah berubah, berubah dengan cepat, ikatan sosial bergantung pada teknologi, banyak jenis pekerjaan yang hilang, masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan daya saing yang kuat. Untuk menghadapi era Revolusi 4.0, pendidikan melalui sekolah harus melihat pembelajaran sesuai kebutuhan siswa, ujian formal, guru sebagai pembimbing, siswa tidak sederajat dan tidak sederajat sesuai dengan kemampuan atau bakatnya masing-masing. Education 4.0 adalah program yang mendukung implementasi smart education dengan meningkatkan dan menyeimbangkan kualitas pendidikan serta memperluas ketersediaan dan pentingnya teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan yang mengedepankan kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis dan kreatif kelas dunia. Dalam rangka peningkatan kualitas pegawai, Mendikbud memperkenalkan program pelatihan “Bebas belajar”, yang merupakan arah pembelajaran ke depan. Metode penelitian adalah metode deskriptif kualitatif dimana bahan pustaka dikumpulkan, bahan penelitian dibaca dan disimpan serta diolah. Hasil kajian menyebutkan bahwa “Bebas Belajar” terdiri dari empat program utama, antara lain penilaian USBN komprehensif, mengganti ujian nasional dengan penilaian penilaian, RPP dipersingkat dan zona PPDB lebih fleksibel. Perubahan sekolah dan kurikulum diperlukan untuk melaksanakan program "Bebas belajar". perubahan penyelenggaraan pendidikan nasional dan perubahan penyelenggaraan pendidikan daerah dan otonomi sekolah.

Keywords


Merdeka Belajar, Literasi Pengajaran, Revolusi 4.0

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan. 2020. Buku Saku Panduan

Merdeka Belajar Kampus Merdeka.Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan

Tinggi Kemendikbud RI.

Iskandar, Harris. 2020. Strategi Implementasi

Merdeka Belajar (Jenjang PAUD,

Dikdas dan Dikmen). Modul Seminar

Nasional “Merdeka Belajar: Dalam

Mencapai Indonesia Maju 2045” yang

diselenggarakan di Universitas Negeri

Jakarta, pada tanggal 10 Maret 2020.

Iwinsah, R. 2020. Menakar Konsep “MERDEKA

BELAJAR”, Intens.News. Available at:

https://intens.news/menakar-konsepmerdeka-belajar/.

KEMENDIKBUD. 2020. Buku Panduan

Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Edisi

ke-3. Jakarta: Direktorat Jenderal

Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Murni, Sylviana. 2020. Peran Strategis

Provinsi/ Kabupaten Kota Dalam

Implementasi Merdeka Belajar. Modul

Seminar Nasional “Merdeka Belajar:

Dalam Mencapai Indonesia Maju 2045”

yang diselenggarakan di Universitas

NegeriJakarta, pada tanggal 10 Maret

Ningsih, Widya. 2019. Merdeka Belajar

melalui Empat Pokok Kebijakan Baru

di Bidang Pendidikan. Diakses tanggal

Mei 2020.

Rosyidi, Unifah. 2020. Merdeka Belajar:

Aplikasinya Dalam Manajemen

Pendidikan & Pembelajaran di Sekolah.

Modul Seminar Nasional “Merdeka

Belajar: Dalam Mencapai Indonesia

Maju 2045” yang diselenggarakan di

Universitas Negeri Jakarta, pada

tanggal 10 Maret 2020.

Sekretariat GTK. 2020. Merdeka Belajar.

Artikel. Diakses tanggal 27 Mei 2020.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016

Tentang Standar Proses Pendidikan

Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018

Tentang Penerimaan Peserta Didik

Baru (PPDB).

Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019

Tentang Penyelenggaraan Ujian yang

Diselenggarakan Satuan Pendidikan

dan Ujian Nasional.

Tim Kompasiana (2020), Merdeka Belajar demi

Mewujudkan Indonesia Maju,

https://www.kompasiana.com/isnatu

stiyani/5f3abffad541df299a4aadd2/me

rdeka-belajardemi-mewujudkanindonesia-maju?page=1.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v8i1.2530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors