Pemanfaatan Perpustakaan sekolah Sebagai sumber Belajar Bahasa Indonesia di SD Negeri Krandon 1 Tegal

Sri Mulyati, Yulia Prima Sari, Wahyu Asriyani, Muhammad Rasyid Ridho, Yoandini Saputri

Abstract


Perpustakaan SD Negeri Krandon 1 Tegal sangat aktif dalam memberikan perhatian dan kepedulian terhadap optimalisasi kegiatan pembelajaran di sekolah.Perpustakaan sekolah di SD Negeri Krandon 1 Tegal tersebut sudah cukup baik dalam menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia, hal itu dapat dilihat banyaknya peminjaman buku Kesusastraan dan Bahasa Indonesia pada bulan Juli - September. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sumber data penelitian ini menggunakan teknik “purpossive sampling” dengan subjek yang diteliti adalah siswa kelas 3, 4, 5, dan 6 yang karena cara pikir dan kematangan psikologis mereka sudah lebih baik dalam dengan tujuan untuk menghilangkan kemungkinan terjadinya “kemencengan” (bias). Sedangkan objeknya adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan di perpustakaan dalam rangka pemanfaatan Perpustakaan Sekolah SD Negeri Krandon 1 Tegal sebagai penunjang kegiatan belajarmengajar terutama mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain mewawancarai para siswa, peneliti juga mewawancarai pihak- pihak internal sekolah, serta mewawancarai ahli/pakar di dunia Bidang Ilmu Pendidikan dan Pakar Ilmu Perpustakaan terkait dengan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian serta menganalisis data-data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa perpustakaan di SD Negeri Krandon 1 Tegal sangat baik dalam menunjang pembelajaran Bahasa Indonesia, dari segi sarana dan prasarana sudah memenuhi standar perpustakaan hanya ada beberapa sarana yang kurang lengkap.

Keywords


Pemanfaatan Perpustakaan sekolah; Sumber belajar; bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aranda, K. (n.d.). Pemanfaatan Perpustakaan

Sekolah: Studi Kasus Peran Guru di SMA

Lazuardi Global Islamic School, Depok.

Retrieved January 20, 2011, from

http://www.lontar.ui.ac.id/

Badudu, J. S., & Zain, S. M. (1994). Kamus umum

bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar

Harapan.

Bafadal, I. (2009). Pengelolaan perpustakaan

sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.Basuki, S.

(1993). Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta:

PT Gramedia Pustaka Utama.

Balai Pustaka. (1994). Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta.

Darmono. (2007). Pengelolaan Perpustakaan

Sekolah. Jakarta: Grasindo. Dewi, H. D. R. (2006). Coursepack on teacher

librarianship: kumpulan artikel tentang

perpustakaan sekolah/guru pustakawan. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan

Informasi, Fakultas Adab, UIN Sunan

Kalijaga.

Effendi, M. (2010). Pemanfaatan Koleksi Buku Teks

Pelajaran Pada Perpustakaan Sekolah Dalam

Kegiatan Belajar Mengajar Siswa Kelas VIII

MTs Negeri Karangawen

Demak.Skripsi.Universitas Diponegoro,

Semarang.

Faturrohman, P., & Sutikno, M. S. (2011). Strategi

Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika

Aditama.

HS, Lasa. (2007). Manajemen Perpustakaan Sekolah.

Yogyakarta: Pinus Book.

IFLA.(n.d.).Perpustakaan Sekolah dalam Pengajaran

dan Pembelanjaran untuk Semua.Retrieved

January 20, 2011, from

http://www.ifla.org./VII/s11/manifesto/-

id.htm. Jackson. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salempa Empat. Kencana, A. N. (n.d.). Pengolahan Koleksi di Dok.

Pus.Prog. TVRI. Retrieved January 20, 2011,

from http://www.lontar.ui.ac.id/

Meleong, L. J. (2000). Metologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Menteri Pendidikan Nasional.Pedoman Pelaksanaan

Kinerja Guru. Jakarta.

Menteri Pendidikan Nasional.(2008). Peraturan

Menteri Pendidikan Indonesia Nomor 25

Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga

Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Jakarta.

Menteri Pendidikan Nasional. (2010). Peraturan

Menteri Pendidikan Indonesia Nomor 35

Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis

Pelaksanaan Jabatan fungsional Guru dan

Angka Kreditnya. Jakarta.

Menteri Pendidikan Nasional.Undang-Undang

Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem

Pendidikan. Jakarta.

Menteri Pendidikan Nasional.Undang-Undang

Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar

Nasional Pendidikan. Jakarta.

Menteri Pendidikan Nasional.Undang-Undang

Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta.

Musa, M., & Nurfitri, T. (1998). Metodologi

Penelitian. Purwokerto: Universitas Jedral

Soedirman.

Pendit, P. L. (2003). Penelitian ilmu perpustakaan

dan informasi: suatu pengantar diskusi

epistemologi dan metodologi. Jakarta: Jurusan

Ilmu Perpustakaan-Fakultas Sastra,

Universitas Indonesia (JIP-FSUI).

Perpustakaan Nasional. (1994). Perpustakaan

Sekolah: Petunjuk Untuk membina, Memakai,

dan Memelihara Perpustakaan di Sekolah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Ray, C. (1981). Handbook Teacher – Librarians.

London: Commonwealth Secretariat.

Rosidi, I. (n.d.). membaca cepat. Retrieved August

, 2011, from https://guru- umarbakri.blogspot.com/2009/05/membaca- cepat.html

Rostina, L. (2006).Perilaku Pencarian Informasi

Tenaga Kesehatan: Studi KAsus Tentang

Perilaku Penemuan Informasi Tenaga

Kesehatan pada Perpustakaan Rumah Sakit

Pertamina (RSPP). Tidak diterbitkan.

Sarjono. (2007).Pemanfaatan Perpustakaan

Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Jawa

Tengah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja

Widyaiswara. Skripsi. Semarang: Universitas

Diponegoro. SD Negeri Krandon 1.KTSP SD Negeri Krandom 1,

Kota Tegal. Tegal.

Soeatminah. (1992). Perpustakaan, kepustakawanan

dan pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.

Soedibyo, N. (1987). Pengelolaan Perpustakaan Jilid

Bandung: Penerbit Alumni.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharto, B. (2006). Jangan Pulang Sebelum Menang:

Kiat Suksea Kehidupan dan Kepemimpinan.

Jakarta: Gita Pustaka.

Suwarno, W. (2016). Perpustakaan & buku: wacana

penulisan & penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Media.

Teacher Librarian: The Journal For School Library

Professionals. (n.d.). Retrieved January 12,

, from http://teacherlibrarian.com/

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta:

Rineka Cipta.

Yusuf, P. M. (2007). Praktis Pengelolaan

Perpustakaan Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana.

Yusuf, P. M., & Suhendar, Y. (2005). Pedoman

penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Jakarta: Prenada Media Group.

Zulaikh, S. R. (n.d.). Peran Guru Pustakawan Dalam

Pemberdayaan Perrpustakaan Madrasah IGPM

Daerah Yogyakarta. Retrieved October 12,

, from http://www.pustakasiana.com/




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v5i1.2506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors