KONSEPSI LITERASI INFORMASI (INFORMATION LITERACY) DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Basinun Basinun

Abstract


Era globalisasi menuntut dunia  pendidikan untuk  bisa berakselerasi mengikuti  tuntutan jaman.  Kurikulum, tenaga  pengajar, proses pengajaran, media,  sarana dan prasarana pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Salah satu yang mem- berikan  indikasi ke arah  ini adalah dengan banjirnya  informasi  dan  pertumbuhan media  yang terus menunjukan dinamisasi dan  inovasi tanpa henti dan  bervariasi,  mulai dari kontennya, kemasannya, ruang  lingkupnya  serta pola dan  cara  aksesnya. Bagaimanapun juga efek dari information booming adalah manusia yang melek terhadapnya. Manusia yang melek informasi akan  lebih cepat mengkuti  perkembangan dan  tuntutan yang ada.  Inilah tuntutan sebenarnya bagi kalangan masyarakat aka- demisi.Literasi informasi bagi dalam  dunia  pendidikan sangat diperlukan, agar nantinya pendidikan nasional  mampu bersaing pada level global. Untuk itu, sudah  saatnya instansi pendidikan khususnya Islam, mulai dari tingkat dasar  sampai  perguruan tinggi memperhatikan kepentingan ini. Meski membutuhkan modal  yang tidak sedikit, namun jika diawali dengan semangat untuk mau melakukan perubahan maka apapun akan bisa dilakukan.  Meski perubahan itu sendiri pada sifatnya akan mencip- takan resiko, ketidakpastian serta biaya baik biaya ekonomis maupun psikologis. Agar komitmen  perubahan bisa ditumbuhkan, perlu dilahirkan visi bersama (shared  vision) tentang  bagaimana memperbaiki situasi dan tujuan bersama (shared  aim) menuju masa  depan. Ketersediaan sarana teknologi  informasi  (internet)  serta perpustakaan yang tentunya sudah  ada  di tiap institusi pendidikan harus  terus dikembangkan dan  benar-benar dimanfaatkan secara  optimal.  Pemanfaatan sumber  daya  yang  ada (teknologi dan sumber  informasi) untuk pendidikan akan lebih efektif, efisien dan optimal apabila  dibekali dengan penguasaan literasi informasi.  Dengan  menguasai literasi informasi  maka  akan  menumbuhkan jiwa kritis, kreatif, inovatif,  meningkatkan kinerja serta kesiapannya dalam bersaing di era globalisasi. Tidak ada kata terlambat atau tidak bisa bagi civitas akademik agar bisa melek informasi. Melek informasi menjadi  salah satu modal  kemajuan suatu negara  melalui jalur pendidikan

Keywords


Konsepsi Literasi Informasi;Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, Studi Islam Komprehensif, Jakarta : Kencana, 2011

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis berdasarkan Pendekatan Interdisipliner Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Aris Nurohman, Signifikansi Literasi Informasi (Infor- mation Literacy) dalam Dunia Pendidikan di Era Global, STAIN Purwokerto, Jurnal Pendidikan Vol. II, No. 1 Mei 2014

David Krech, E.L. Ballachey, dan RS Crutchfield, Indi- vidual in Society: A Textbook of Social Psychol- ogy, New York: McGraw-Hill, 1962

Hasan Basri dan Beni Ahmad Saebani, Ilmu Pen- didikan Islam, Jilid II, Bandung, Pustaka Setia,

Herri Mulyono dan Nurhasanah Salim, Literasi Infor- masi dan Kritis: Urgensi, Perspektif Islam, dan Integrasi dalam Kurikulum Pendidikan, Jurnal Tarbiyah Vol. 22, No. 2, Juli - Desember 2015

Kellner, Douglas, and Jeff Share, Critical Media Lit- eracy, Democracy, and the Reconstruction of Education. In Donaldo Macedo and Shirley R Steinberg (Eds.), Media Literacy. New York: Pe- ter Lang Publishing, 2007

Mujamil Qomar, Epistemologi Pendidikan Islam dari

Metode Rasional hingga Metode Kritik, Jakarta

: Erlangga, 2005

Ngainun Naim, Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan

Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2011

Taufik Adnan Amal, Rekonstruksi Sejarah al-Quran, Yogyakarta: FKBA, 2001

https://www.kompasiana.com/harislana/islam-dan lite rasi_5750f75c83afbd892eecbb85




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v3i1.1220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :


free web stats Al Quds's Visitors